Demi Mudik Aman dan Nyaman, Dishub Cimahi Lakukan Ramp Check

JABAR EKSPRES – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, bersama kepolisian dan TNI, memeriksa kelayakan armada bus yang akan digunakan dalam program angkutan mudik gratis.

Pemeriksaan ramp check ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelengkapan administratif kendaraan sebelum digunakan.

Delapan armada bus yang akan digunakan untuk program mudik gratis diperiksa dalam ramp check di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kota Cimahi, Jalan HMS Mintaredja.

“Pemerintah Kota Cimahi menyiapkan upaya terkait pelaksanaan mudik gratis dengan pemeriksaan terhadap 8 unit kendaraan yang akan digunakan” ucap Kadishub Kota Cimahi, Ruswanto pada awak media baru-baru ini.

Pihaknya ingin memastikan bahwa bus yang akan digunakan untuk program mudik gratis akan diberangkatkan pada Sabtu (6/4) mendatang dalam kondisi yang layak. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi warga yang akan melakukan perjalanan mudik gratis saat Lebaran.

Dalam ramp check kali ini, petugas gabungan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai aspek teknis bus, termasuk kondisi ban, sistem pengereman, lampu, dan sistem kelistrikan.

Hasilnya, semua bus yang akan digunakan untuk pemudik dipastikan dalam kondisi yang layak untuk digunakan di jalan.

“Diharapkan kelaikan ini memberikan rasa nyaman dan keamanan bagi para pemudik yang akan menggunakan layanan mudik gratis,” ucap Ruswanto.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Angkutan Umum, Rini Lusy Windharti mengatakan ramp check dilakukan untuk memastikan kelengkapan administrasi dan keamanan teknis kendaraan yang beroperasi, bertujuan untuk mencegah kemungkinan kecelakaan.

“Kendaraan yang digunakan untuk mudik dipastikan aman,” ucapnya pada Jabar Ekspress melalui seluler pada, Rabu 3 April 2024.

Rini mengatakan, ada beberapa kendala yang perlu diatasi sebelum keberangkatan, namun tidak mengganggu prinsip utama.

“Memang ada beberapa kendala, tapi bukan yang melanggar prinsip utama. Semuanya akan dirapihkan sebelum kita berangkat,” paparnya.

Hal tersebut menegaskan, meskipun ada beberapa kendala yang muncul sebelum keberangkatan, namun tidak ada yang mengganggu prinsip utama acara tersebut. Semuanya akan diselesaikan sebelum waktu keberangkatan.

Pihaknya telah melaksanakan ramp check dalam satu hari penuh, dengan hasil menunjukkan bahwa tidak ada kendaraan yang ditemukan bermasalah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan