192

Digitalisasi dan Modernisasi UMKM

Cooperative Fair 2018 di Gedung Sate Bandung

UKM1
GO ONLINE: Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat saat menggelar Cooperative Fair 2018 dengan tema Digitalisasi dan Modernisasi UMKM yang digelar mulai 10-12 Agustus di Gedung Sate. Acara dimeriahkan dengan Fashion Show, Games, Kuliner dll.

DINAS Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat untuk ke-15 kalinya kembali menggelar ”Cooperative Fair 2018” dengan tema ”Digitalisasi dan Modernisasi UMKM” yang akan digelar mulai 10-12 Agustus 2017 di Gedung Sate Bandung. Selain UKM Expo acara akan dimeriahkan fashion show, games, kuliner, workshop dan band musik Java Jive.

Cooperative Fair merupakan pameran produk Koperasi dan UMKM yang diikuti pelaku KUMKM dari 27 kabupaten/ kota se-Jawa Barat dan 33 provinsi se-Indonesia,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UK Jabar H. Dudi Sudradjat Abdurachim di Bandung, kemarin (9/8).

Cooperative fair merupakan agenda tahunan Dinas KUK Jawa Barat yang digelar pertama kalinya pada 23-28 Juli 2004 di Lapang Gasibu Bandung. Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan daya saing, kreativitas, produktivitas dan kemandirian Koperasi dan UMKM.

UKM Expo akan ditampilkan berbagai produk makanan dan minuman, kerajinan, fashion dan aksesoris, sepatu dan tas, serta berbagai produk lainnya dari 300 pelaku koperasi dan UMKM Jawa Barat. Selain itu,  dari peserta selindo ada dari Provinsi Naggroe Aceh, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Bali, Provinsi Kalimantan Tengah dan Kota Pare-pare.

Kegiatan ini sebagai rangkaian dari peringatan ke-71 Hari Koperasi tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2018 dan Hari Jadi ke-73 Provinsi Jawa Barat. Acara akan dimeriahkan music performance, traditional music performance serta penyerahan sejumlah penghargaan bagi koperasi dan UMKM.

Dudi menegaskan, Cooperative Fair ke-15 merupakan ajang pameran, promosi dan pemasaran produk kreatif unggulan Indonesia sekaligus menciptakan jaringan pemasaran yang seluas-luasnya.

”Pada tahun 2018 kita mengambil tema tentang digitalisasi dan modernisasi KUMKM, sebab digitalisasi koperasi dan UMKM merupakan misi kami dalam modernisasi dan revitalisasi koperasi dan  UMKM di Jawa Barat. Kita melihat perkembangan teknologi informasi komunikasi yang begitu cepat mendorong para pelaku KUMKM harus menguasai TIK,” paparnya.

Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah yakni UMKM go online.  Para pelaku KUMKM harus melek TIK dan memanfaatkan TIK untuk meningkatkan pemasaran produknya. ”Semua serba cepat, serba mudah berkat TIK. Hanya berbekal teknologi dari handphone, dunia dalam gengaman. Untuk itu, pelaku KUMKM harus menguasai dan menfaatkan TIK secara maksimal,” jelasnya.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat saat ini berkomitmen penuh terhadap digitalisasi koperasi dan UMKM. Salah satunya, dengan mendorong penerapan ERP berbasis TIK di KPBS Pangalengan. Penerapan ERP ini ternyata sangat membantu para anggota untuk menjalankan aktivitasnya.

Bahkan penerapan ERP di KPBS Pangalengan saat ini tengah dalam penilaian juri Tim Penilai Satu Indonesia Award 2018.  KPBS Pangalengan dinilai koperasi pertama yang menerapkan ERP dalam manajemen perusahaannya.

Tak hanya sampai disitu, Dinas KUK Provinsi Jawa Barat juga mendorong koperasi-koperasi di Jabar untuk menerapkan RAT Online, salah satunya dengan membuat aplikasi RAT online. Aplikasi ini digunakan koperasi-koperasi secara gratis. Penarapan RAT Online dinilai sangat efektif terutama untuk efisiensi dan efektivitas pelaksanaan RAT.

Selain itu, pada Cooperative Fair 15 akan dikukuhkan kepengurusan Sinergitas ABCGM Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur. Sebelumnya pada 27 Juli 2018 bertepatan dengan puncak Hari Koperasi ke-71 tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Karawang telah dikukuhkan kepengurusan Sinergitas ABCGM Kabupaten Karawang.

Karena itu, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat mengajak semua pihak berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pemprov Jawa Barat Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Bidang Usaha Kecil Jl Soekarno Hatta No 705 Bandung 40286 Telp (022) 7320913-7302775 web: www.diskumkm.jabar.go.id dan www.geraikumkm.com.  (adv)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.