Digitalisasi dan Modernisasi UMKM

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat saat ini berkomitmen penuh terhadap digitalisasi koperasi dan UMKM. Salah satunya, dengan mendorong penerapan ERP berbasis TIK di KPBS Pangalengan. Penerapan ERP ini ternyata sangat membantu para anggota untuk menjalankan aktivitasnya.

Bahkan penerapan ERP di KPBS Pangalengan saat ini tengah dalam penilaian juri Tim Penilai Satu Indonesia Award 2018.  KPBS Pangalengan dinilai koperasi pertama yang menerapkan ERP dalam manajemen perusahaannya.

Tak hanya sampai disitu, Dinas KUK Provinsi Jawa Barat juga mendorong koperasi-koperasi di Jabar untuk menerapkan RAT Online, salah satunya dengan membuat aplikasi RAT online. Aplikasi ini digunakan koperasi-koperasi secara gratis. Penarapan RAT Online dinilai sangat efektif terutama untuk efisiensi dan efektivitas pelaksanaan RAT.

Selain itu, pada Cooperative Fair 15 akan dikukuhkan kepengurusan Sinergitas ABCGM Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur. Sebelumnya pada 27 Juli 2018 bertepatan dengan puncak Hari Koperasi ke-71 tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Karawang telah dikukuhkan kepengurusan Sinergitas ABCGM Kabupaten Karawang.

Karena itu, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat mengajak semua pihak berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pemprov Jawa Barat Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Bidang Usaha Kecil Jl Soekarno Hatta No 705 Bandung 40286 Telp (022) 7320913-7302775 web: www.diskumkm.jabar.go.id dan www.geraikumkm.com.  (adv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan