Asian Games, Jabar Pastikan Aman

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menjamin perhelatan Asian Games 2018, aman. Hal itu lantaran Pemprov sudah berkoordinasi dengan Kodam III Siliwangi dan Polda Jawa Barat untuk menjaga keamanan jalannya perhelatan. Pengamanan dilakukan agar peserta dan pecinta olahraga tersebut berjalan aman dan kondusif.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya siap mengamankan ajang tersebut dengan pengamanan berstandar internasional atau tanpa toleransi. Sebab, Asian Games 2018 pastinya akan dihadiri berbagai Warga Negara Asing (WNA) dari berbagai negara di Asia.

”Saya sampaikan juga agar semua pihak mampu bahu-membahu menciptakan iklim yang kondusif di Jawa Barat,” kata Iwa di Bandung kemarin (25/5).

Dikatakan Iwa, Kodam III Siliwangi dan Polda Jawa Barat siap melakukan langkah-langkah antisipasi dini agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan selama persiapan serta jalannya Asian Games di Jawa Barat. Namun, lanjut dia, pihaknya meyakini sampai saat ini persiapan menjelang Asian Games dinilai masih positif.

”Kalau lihat perkembangan sudah positif tetapi nanti kita akan lihat lagi setelah tanggal 31 Mei,” kata dia.

Provinsi Jawa Barat sendiri, dalam perhelatan Asian Games 2018 mendapat kesempatan menjadi penyelenggara dari lima Cabang Olahraga (Cabor). Beberapa venue yang akan digunakam untuk beberap Cabor tersebut, kata Iwa, saat ini dalam perbaikan dan sudah mengalami perkembangan yang cukup baik.

Dikatakan Iwa, pihaknya terus memantau perkembangan perbaikan yang dilakukan di beberapa venue tersebut agar bisa selesai tepat waktu. Pasalnya, sebelumnya sempat ada keraguan dari pihak Inasgoc sebagai penyelenggara Asian Games yang pesimis Jawa Barat tidak mampu menjadi penyelenggara beberapa Cabor. ”Setelah ke lapangan bersama bupati dan Sekda Kabupaten Bandung, Alhamdulillah (perbaikan Jalak Harupat sudah 50 persen,” kata dia.

Meski begitu, Iwa tidak menampik jika masih ada deviasi sebesar 5 persen tapi pihaknya terus mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung agar menyelesaikan hal terdebut agar perbaikan selesai tepat waktu. Dirinya juga meminta agar berbagai infrastruktur penunjang mampu ditata lebih baik lagi

Iwa mengatakan, dengan adanya perbaikan tersebut, dirinya mengaku optimis Stadion Jalak Harupat mampu digunakan untuk proses pra kualifikasi, penyisihan dan semifinal pada Cabor sepakbola. Namun, dirinya juga meminta semua pihak bisa berkomitmen untuk menyelesaikan perbaikan yang belum tuntas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan