Wujudkan Universal Health Coverage

jabarekspres.com, SOREANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Soreang memperkuat komitmennya untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC). Untuk mendukung program itu pihaknya menggandeng PT. BPR Bank Kerta Raharja dan PT. Bozzeto Indonesia untuk menyalurkan donasi JKN-KIS ke 40 warga yang kurang mampu di wilayah Desa Kamasan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan penyerahan donasi secara simbolis dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang. Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Soreang dr. Irmajanti Lande Batara mengatakan langkah ini merupakan salah satu bentuk impelementasi dari Undang Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Kesehatan Nasional.

”Kami mengajak kepada badan usaha untuk meningkatkan jumlah kepesertaan menuju UHC, karena untuk mewujudkan hal ini, tidak hanya didukung oleh pemerintah daerah tapi juga oleh badan usaha,” ujar Irmajanti pada wartawan seusai proses penyerahan bantuan, beberapa waktu lalu.

Irmajanti mengatakan, kedua badan usaha tersebut merupakan dua badan usaha pertama yang memberikan donasi kepada warga yang kurang mampu, Ia harapkan, badan usaha lainnya di Kabupaten Bandung bisa mengikuti langkah tersebut.

”Kami harapkan kedua badan usaha ini menginspirasi badan usaha lain, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu sehingga bisa dilindungi oleh program JKN-KIS,” tuturnya

Ke depannya, puluhan warga tersebut akan memperoleh perlindungan dan jaminan JKN-KIS selama satu tahun, terhitung dari Oktober 2017-September 2018. Warga pun dapat mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan hak yang diterimanya.

Perwakilan dari PT. Bozzeto Indonesia, Suwartini, berharap apa yang dilakukan  PT. Bozzeto bisa mendukung program UHC yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Soreang. ”Harapan kedua, perusahaan lain pun bisa mengikuti, agar masyarakat di Kabupaten Bandung bisa tercover kesehatannya, jadi ini bertahap untuk satu tahun ke depan, kami bisa mengcover sekitar 40 warga, mudah-mudahan tahun depan bisa bertambah, semoga kartunya bisa bermanfaat,” ujar Suwartini

Menanggapi MoU itu Direktur PT. BPR  Kerta Raharja, H. Boy Ferli Sumaatmaja, berharap program PKS donasi JKN-KIS bisa menjadi momentum untuk percepatan terjaminnya kesehatan warga. Apalagi sebut Boy, BPR Kerta Raharja sebagai aset pemerintah daerah sudah sewajarnya untuk menyisihkan sebagian keuntungannya untuk kemashalatan warga. ”Mudah-mudahan bermanfaat, dan menjadi berkah bagi BPR kita,” katanya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan