Tegaskan Pancasila sebagai Dasar Negara

Rapat Dengar Pendapat Anggota DPR/MPRI H Dede Yusuf Macan Effendi, ST.M.Si

dede yusuf- pancasila
AKRAB: Anggota DPR/MPRI RI, Dede yusuf (dua dari kanan) di tengah para ulama Sukasari.

jabarekspres.com, PAMEMPEUK – Anggota MPR RI asal Daerah Pemilihan Jawa Barat II, H Dede Yusuf Macan Effendi, ST.M.Si, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan masyarakat di Desa Sukasari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, Sabtu (15/4).

DAPAT HADIAH: Selain mendapatkan ilmu pengetahuan berkaitan dengan kebangsaan para ulama pun mendapatkan hadiah.
DAPAT HADIAH: Selain mendapatkan ilmu pengetahuan berkaitan dengan kebangsaan para ulama pun mendapatkan hadiah.

RDP tersebut dilaksanakan bersama para tokoh masyarakat dan Agama di kecamatan tersebut mengambil tema “Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Bangsa dan Negara”.

”Pancasila merupakan pedoman dasar bangsa Indonesia yang di dalamnya telah tertuang nilai-nilai luhur serta akan terus berkembang relevansinya seiring dengan perkembangan zaman, dan juga sifat Pancasila yang tidak kontekstual atau bisa dibilang berlakunya tidak berdasarkan waktu. Desain khusus dari para pemikir bangsa menunjukkan bahwa pancasila akan terus berlaku,” kata Dede Yusuf disela-sela kegitan RDP, Sabtu (15/4).

Menurut Dede Yusuf, saat ini Pancasila sedang diuji ketangguhannya sebagai ideologi bangsa Indonesia di tengah tengah ideologi atau paham besar dunia seperti kapitalisme, sosialisme, liberalisme, individualisme, pragmatisme, hedonisme dan ideologi lainnya yang datang dari luar Negeri.

Permasalahan ideologi lainnya katanya, adalah datang dari masalah internal bangsa kita sendiri. Dia menyontohkan, banyaknya kejadian perselisihan antar suku bangsa, perselisihan antar kampung, tawuran antar pelajar, tawuran mahasiswa, konflik antar agama, bahkan sampai dengan konflik yang menggunakan Isu-isu SARA

”Kami selaku anggota MPR RI akan terus menerus menguatkan nilai-nilai Pancasila dan akan menginventarisir masukan-masukan masyarakat untuk meguatkan Pancasila dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu saya tegaskan, bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara,” paparnya. (adv/yul/ign)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here