Demokrat Resmi Usung Dede Yusuf untuk Bursa Pilgub Jabar

JABAR EKSPRES – Langkah Partai Demokrat untuk mengusung Dede Yusuf sebagai calon Gubernur Jawa Barat makin bulat. Langkah itu juga telah diputuskan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Bandung, Senin (29/5).

Ketua DPD Demokrat Jawa Barat Anton Sukartono Suratto mengungkapkan bahwa suara kader Demokrat Jabar juga sudah bulat untuk mengusung pria dengan nama lengkap Dede Yusuf Macan Effendi itu.

“Hasil rakerda kami menetapkan Dede Yusuf sebagai calon gubernur Jabar,” terangnya.

Anton menambahkan, sementara untuk pasangan walik gubernurnya masih belum diputuskan. Partai juga masih menunggu hasil pemilihan legislatif (pileg) yang akan digelar Februari 2024 nanti.

Hasil pileg tentunya menjadi salah satu pertimbangan langkah politik untuk pilgub 2024. Salah satunya pertimbangan untuk koalisi partai politik.

“Untuk koalisi nantinya tergantung hasil pileg,” imbuhnya.

BACA JUGA: Tambah 5 Kursi di Parlemen, Demokrat Kota Bogor Yakin Elektabilitas Anies Baswedan Berikan Power

Demokrat Jawa Barat sendiri juga telah memanasi mesin untuk persiapan pesta demokrasi itu. Para bakal calon (bacalon) DPRDnya juga telah digembleng melalui pendidikan politik.

“Kami optimis meraih suara 15 persen,” urainya.

Sementara itu, Dede Yusuf mengaku cukup berterima kasih atas dukungan para kader untuk meramaikan bursa Pilgub Jawa Barat. Baginya, kontes pilgub juga bukan barang baru.

“Kami kan petempur. Hampir tiap periode di usulkan,” ucapnya saat ditanya terkait kesiapan diusung sebagai calon gubernur.

Dede Yusuf sendiri juga bukan tokoh yang asing di Jawa Barat. Ia juga pernah duduk di Gedung Sate sebagai wakil gubernur. Dalam pemilihan kepala daerah 2008, ia yang mendampingi Ahmad Heryawan berhasil menjadi jawara.

BACA JUGA: Komeng Mendaftar DPD, KPU Jabar Mendadak Jadi Panggung Lawak

Karir politik Dede Yusuf mulai melesat saat berhasil duduk sebagai DPR RI periode 2004-2009 dari Partai Amanat Nasional. Setelah menuntaskan karir di eksekutif Jawa Barat, Dede Yusuf kembali terpilih untuk menjadi anggota DPR RI 2014-2019. Tetapi kala itu ia telah ganti seragam sebagai kader Partai Demokrat mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II. Pada Pemilu 2019, Dede Yusuf kembali maju melalui dapil yang sama. Untuk ketiga kalinya, Dede Yusuf melancong ke Senayan sebagai anggota DPR RI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan