Tanggul Citarum Amblas 50 Meter

KARAWANG-Tanggul Citarum di Dusun Lolohan 1 RT 06 RW 03 Desa Kutaampel Kecamatan Batujaya amblas sepanjang 50 meter dengan lebar sekitar 1 meter, Rabu (27/12). Padahal, tanggul tersebut baru diperbaiki sebulan lalu.
Sebelumnya, Senin (25/12) malam, tanggul tersebut sempat mengalami retak. Namun kondisinya semakin parah hingga mengalami longsor. Sementara pada bagian permukaan tanah amblas.

Kapolsek Batujaya, AKP Edi Karyadi menyebutkan, tanggul tersebut sudah retak sejak tanggal 25 Desember 2017. Namun, kali ini lebih parah dengan hingga melebar 1 meter.
“Tanggul Citarum sudah amblas dan sangat parah sepanjang sekitar 50 meter,” katanya.
Warga Desa Kutaampel, Samsudin berharap pemerintah segera melakukan perbaikan. Sebab, warga sudah panik lantaran hujan dengan intensitas besar kerap mengguyur Karawang.
“Sekarang sudah musim penghujan dan rawan jebol,” katanya.

Samsudin mengungkapkan, setahun silam tanggul tersebut sudah diperbaiki karena mengalami hal serupa. Namun, tanggul Sungai Citarum tersebut kembali ambles, bahkan lebih parah.
“Perbaikan kedua baru 1 bulan, tapi sudah amblas kembali,” katanya.

Kepala BPBD Karawang, Banuara Nadeak mengungkapkan, pihaknya sudah mengajukan perbaikan tanggul tersebut kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BWWS) Citarum. Saat ini pihaknya juga sudah menerjunkan petugas ke lokasi.
“Kami akan segera membuatkan permohonan susulan setelah dianalisis hasil lapangan,” katanya.(aef/din)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan