Gotong Royong Bersihkan Sungai Cikeruh, Dansektor Citarum Harum Sikapi Positif

KABUPATEN BANDUNG, JABAR EKSPRES – Kepedulian lingkungan di kalangan masyarakat kini lebih meningkat. Pasalnya, melalui media sosial gerakan kebersihan pun kian cepat tersampaikan.

Seperti aksi dari 5 orang pemuda yang menamai dengan Pandawara Group, dalam kepedulian lingkungan membersihkan sampah, mendapat respons positif.

Ajakan Pandawara Group membersihkan Sungai Cikeruh, tepatnya di perbatasan Desa Tegal Sumedang, Kecamatan Rancaekek dangan Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung pun berlangsung bersama gabungan setiap elemen masyarakat.

Pembersihan sampah di sungai tersebut, berawal dari video yang diunggah oleh Pandawara Group, hingga viral di sosial media pada Senin 24 Juli 2023 lalu.

Pandawara Group merupakan sekumpulan anak muda yang aktif dan peduli terhadap isu lingkungan, dengan aksi melakukan pembersihan di sejumlah wilayah Indonesia.

Adapun sampah yang menumpuk di anak Sungai Citarum itu, merupakan sampah dari dua wilayah yaitu Sumedang dan Bandung yang menumpuk di Bendung Bugel.

BACA JUGA: Kurang Kesadaran Dalam Buang Sampah, Pemkab Bandung Targetkan Kabupaten Bandung Bebas TPA

Menyikapi aksi gotong royong itu, Komandan Sektor (Dansektor) Citarum Harum, Kolonel Wellyanto mengatakan, inisiasi terhadap kepedulian lingkungan merupakan hal positif.

“Ini hal yang bagus, positif, apalagi masih anak-anak muda. Masih muda dan peduli kepada lingkungan,” kata Wellyanto kepada Jabar Ekspres, Rabu (26/7).

“Hal-hal seperti ini yang kita harapkan. Tentu kita senang ada anak-anak muda yang kepeduliannya tinggi terhadap lingkungan,” lanjutnya.

Dansektor Citarum Harum itu menuturkan, melalui aksi kepedulian lingkungan secara nyata, tidak hanya dilakukan ketika menyambut momen-momen besar seperti Hari Sungai Nasional saja.

“Semoga bisa terus dilakukan, tidak hanya ketika Hari Sungai Nasional tapi ada terus kegiatan-kegiatan peduli lingkungan,” tuturnya.

Wellyanto menilai, apabila aliran sungai bersih dari sampah maka dampak positifnya bisa dirasakan, tak hanya oleh segelintir orang melainkan bagi setiap lapisan elemen masyarakat.

BACA JUGA: Hari Sungai Nasional, Sampah di Jabar Masih Banyak Mengendap di Setiap Bendungan Mencapai 400 Ton

“Sebagai anggota Sektor Citarum Harum harapannya, supaya masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan, jangan sembarangan buang sampah,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan