PLTA Upper Cisokan Serahkan Domba dan Traktor

BANDUNG -Guna mening­katkan produktivitas dan ke­mandirian warga dalam kelom­pok tani dan ternak di Desa Karangsari, Kecamatan Cipong­kor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Tim CSR PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I dan Unit Pelaksana Proyek Pembangkit JBT 1 Proyek PLTA Cisokan meny­alurkan bantuan CSR berupa 5 Unit Hand Traktor dan 10 Unit Pompa Air untuk Kelompok Tani serta 5 ekor Domba Jantan dan 25 ekor Domba Betina untuk Kelompok Ternak.

Bantuan diserahkan oleh Asisten Manajer Lingkungan PLN UPP Kit JBT 1 Endiyaksa kepada perwakilan kelompok tani dan ternak di Kantor Desa Karangsari, pada Senin pagi (06/11).

”Dalam kesempatan ini PLN memberikan bantuan alat per­tanian dan Domba Garut ung­gulan kepada kelompok tani dan ternak Desa Karangsari dengan harapan bantuan CSR ini dapat dioptimalkan untuk meningkatkan produktifitas dan kemandirian warga khu­susnya dari segi peningkatan ekonomi”, tutur Endiyaksa.

Seremoni penyerahan ban­tuan CSR turut dihadiri oleh Camat Cipongkor Dedi Ro­hendi, Kapolsek Sindangker­ta Surahmat, Danramil Sin­dangkerta Purkon, Kepala Desa Karangsari Lina Sukma­wati, dan beberapa warga Desa Karangsari yang men­jadi perwakilan kelompok tani dan ternak sebagai pene­rima bantuan.

Dalam sambutannya, Camat Cipongkor berpesan kepada warganya agar bantuan CSR ini dapat dimanfaatkan dan dikoordinir sebaik mungkin secara berkelompok dengan harapan petani dan peternak Desa Karangsari dapat men­jadi petani dan peternak modern dengan peralatan penunjang yang telah diberikan oleh PLN.

”Bantuan ini bukan untuk pribadi namun perlu dikoor­dinir secara berkelompok dan dipelihara agar dapat diguna­kan dalam jangka panjang sehingga kita semua dapat merasakan manfaatnya”, ujar Dede Rohendi.

Warga Terkena Proyek (WTP) PLTA Upper Cisokan Pumped Storage yang bertempat ting­gal di Desa Karangsari mayo­ritas memiliki mata penca­harian sebagai Petani dan Peternak Hewan.

Saat ini terdapat 5 kelompok tani dan 5 kelompok ternak yang aktif bekerja. Hasil pertanian yang dihasilkan mayoritas ada­lah tanaman padi serta budidaya ternak kambing sayur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan