Pemkab Upgrade Tenaga Kontrak

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya meminta Peningkatan kualitas TKK

Menurutnya, peningkatan bisa dilakukan dengan jalan sebuah pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam memberikan pelayanan publik.

Dirinya menilai, pegawai  Pemerintah Kabupaten Bandung Barat tidak terdiri dari PNS saja, tetapi juga para TKK yang turut memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan pemerintah daerah.

“Saya rasa para TKK memiliki andil yang cukup besar dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat,:jelas Maman ketika ditemui di kantor Pemkab kemariun (23/5).

Untuk itu, sudah sepantasnya mereka diberikan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya, terutama terkait Prestasi Dedikasi Loyalitas dan Tindakan tidak tercela (PDLT) layaknya yang dimiliki seorang PNS.

Maman menyayangkan, berdasarkan informasi masih ada saja TKK yang berprilaku semaunya.Hal ini disebabkan, sejak berdirinya Kabupaten Bandung Barat, tidak pernah diberikan diklat khusus bagi para pegawai honor tersebut.

Dengan begitu, diharapkan mereka bisa lebih mengetahui berbagai standar operasional dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang abdi masyarakat meski statusnya masih tenaga kontrak.

Disinggung mengenai data kepegawaian di KBB dia mengakui hingga kini belum ada data kepegawaian yang valid sesuai dengan kondisi riil di lapangan. Sebab model validasi data masih dilakukan secara manual.

“Memang sistem kepegawain kita saat ini belum memiliki sebuah sistem aplikasi yang handal, Sementara data di lapangan terus mengalami perubahan setiap tahunnya terkait pegawai yang pensiun, datang maupun pindah,” tuturnya.

Ia menjelaskan, akurasi data kepegawaian sangat diperlukan untuk mentransfer informasi menjadi data akurat yang akan disesuaikan dengan analisa kebutuhan termasuk untuk menyiapkan alternatif pengangkatan pegawai baru. “Tentu kita juga minta, agar data-data pegawai dan hal penting lainnya harus tertata baik dan tetap terjaga. Karena data itu sangat penting,” pungkasnya. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan