Mobil Kemasan Bantu IKM

jabarekspres.com, GARUT – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat menghadirkan mobil kemasan untuk mendorong pelaku IKM Jawa Barat. Paham pentingnya kemasan dalam meningkatkan daya saing produknya, mobil kemasan ini berada di bawah Balai Pengembangan Industri Aneka, Hasil Hutan dan Kemasan (Baperin AH2K), Disperindag Jabar.

”Unit mobil kemasan hadir untuk memberikan wawasan dan meningkatkan kemampuan IKM dalam meningkatkan daya saing di pasar lokal, nasional dan pasar global.  Packaging yang baik mampu meningkatkan daya tarik dan keyakinan konsumen terhadap isi suatu produk. Konsumen merasa aman untuk membeli dan mengkonsumsi isi produk makanan minuman yang dikemas sesuai dengan persyaratan labeling suatu produk,” tutur Ellyn Setyairianti, Kepala Baperin AH2K Disperindag Jabar pada kegiatan Diseminasi Mobil Kemasan di Sub Unit Pengembangan Industri Perkulitan Garut Jalan Sukaregang Kabupaten Garut, kemarin (24/10).

Dihadapan 20 IKM makanan, minuman dan kerajinan dia menyebutkan mobil kemasan yang selalu hadir pada pameran-pameran besar yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan siap memberikan konsultasi desain dan pembuatan desain gratis. Selain itu Mobil Kemasan juga dapat diundang untuk memberikan fasilitasi desain gratis dan konsultasi desain gratis oleh Kabupaten/Kota dengan peserta IKM sebanyak 20 IKM.

Kehadiran unit mobil kemasan diharapkan dapat meningkatkan minat IKM di Jabar untuk mengemas produk-produk lokal dan menjadi produk unggulan daerahnya. Pada tahun 2017 Dinas Perindustrian dan Perdagangan menargetkan terfasilitasinya desain dan cetak kemasan bagi 100 IKM yang terdiri dari 40 unit usaha IKM berbasis Umbi-umbian, 40 Unit usaha berbasis ikan dan 20 unit usaha berbasis perkulitan.

Mobil kemasan juga para pelaku IKM diajak pengenalan mesin dan perlengkapan pengemasan sederhana maupun yang modern. Pengenalan media kemasan yang baik dengan memberikan contoh plastik, kertas karton dan media kemasan lainya yang ramah lingkungan. Fasilitasi dan Konsultasi desain on the spot dimana IKM langsung mendapatkan desain dan labelnya. Menampilkan hasil desain yang telah dibuat dan difasilitasi sebelumnya, sehingga IKM dapat melihat dan memilih kemasan yang diinginkan sesuai dengan kondisi produk dan prefensi IKM dalam  pengembangan dan diversifikasi pasar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan