Mencari Penantang Persib

”Arema itu besar bukan karena satu pemain bintang kelas dunia, melainkan kesolidan tim. Dan, Arema saat ini sedang solid-solidnya,” kata Ruddy Widodo, general manager Arema.

Tim lainnya adalah Madura United. Kedatangan marquee player Peter Odemwingie memperlihatkan keseriusan tim asuhan Gomes de Olivera tersebut untuk bersaing berebut gelar.

Bayangkan trio menggetarkan mereka di sektor depan: Odemwingie, Greg Nwokolo, dan Bayu Gatra. Dan, bayangkan pula susahnya pula menembus benteng mereka. Sebab, di sana bakal berduet bek tim nasional Fachruddin Aryanto dan defender kawakan asal Brasil Fabiano Beltrame.

”Saya datang sebagai bagian dari tim. Target saya bukan untuk membesarkan nama pribadi, melainkan membawa tim ini berprestasi secara kolektif,” kata Odemwingie.

Tentu, materi saja tidak cukup untuk modal bertarung dan merebut gelar di kompetisi sepanjang Liga 1. Menjaga konsistensi sangat krusial. Juga, ketangguhan mental ketika liga memasuki pekan-pekan krusial.

Di luar pacuan ”empat kuda” itu, masih ada PSM Makassar yang setiap saat bisa jadi kuda hitam. Performa mereka stabil sejak paro kedua Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Sayang, juara ISC Persipura terkendala masalah sponsor. Jadilah persiapan mereka tersendat pada saat para rival sudah berlari kencang.

Tapi, kompetisi sepanjang dan seberat Liga 1 bakal selalu menawarkan kejutan. Empat tim unggulan setiap saat bisa kelelahan atau diterpa krisis cedera. Dan, selalu terbuka kemungkinan pula para marquee player kesulitan beradaptasi.

Jadi, persaingan masih akan ramai! (ben/c10/ttg)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan