2.587 Keluarga Terima KKS

jabarekspres.com – Sebanyak 2.587 keluarga menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Batuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebagai pengganti Bantuan Beras Sejahtera (Rastra) di kantor Kecamatan Coblong kemarin (16/3).

KKS ini dipergunakan untuk mengakses bantuan pangan tersebut. Kartu yang sudah terisi dengan saldo sebesar Rp 110 ribu itu bisa dibelanjakan menjadi 10 kilogram beras dan dua kilogram gula di agen-agen Bank BNI atau e-Warong yang sudah tersebar di 600 titik di 151 kelurahan.

”Selain itu, kelebihannya, kartu tersebut juga bisa digunakan untuk menabung di bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Jadi, warga prasejahtera ini juga bisa belajar untuk menabung,” ungkap Camat Coblong Dedi Priadi Nugraha.

Pembagian KKS di Kecamatan Coblong dilakukan selama dua hari, yakni pada tanggal 15-16 Maret 2017. Dedi membagi dua kloter pembagian tersebut agar lebih tertib, di samping adanya keterbatasan tempat di Kantor Kecamatan Coblong. ”Tanggal 15 Maret kemarin ada 1142 kartu yang dibagikan. Hari ini (16 Maret) 1110 kartu,” tutur Dedi.

Adapun jumlah penerima BPNT di tiap kelurahan di Kecamatan Coblong antara lain, 647 keluarga di Kelurahan Dago, 590 keluarga di Kelurahan Sadang Serang, 565 keluarga di Kelurahan Sekeloa, 476 keluarga di Kelurahan Cipaganti, 165 keluarga di Kelurahan Lebak Siliwangi, dan 144 keluarga di Kelurahan Lebak Gede.

BPNT merupakan program pemerintah pusat yang ditujukan untuk masyarakat kurang mampu. Saat ini, program tersebut masih dalam tahap percontohan di 45 kota dan kabupaten se-Indonesia. Di Jawa Barat, Kota Bandung menjadi satu dari 9 kota yang ditunjuk pemerintah untuk menjalankan program ini.

Di Kota Bandung, program bantuan tersebut berada di bawah koordinasi Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan. Saat ini, terdapat 63.262 keluarga penerima manfaat di Kota Bandung berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung tahun 2013.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Dirinya menyampaikan  semakin hari, hidup harus semakin baik. Maka kepada warga, Oded mengamanatkan agar berupaya sehingga menjadi warga yang mandiri.

”Bantuan ini harus disyukuri, tetapi juga harus menjadi motivasi agar semakin hari kehidupan kita semakin membaik,” ucap Oded.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan