Setelah Lebaran, Perilaku Harus Jadi Lebih Baik

PERILAKU akhlak umat muslim harus lebih baik setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa. Hal ini disampaikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menggelar open house di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, belum lama ini Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, lebaran harus menjadi momentum bagi setiap individu untuk memperbaiki perilaku menjadi lebih baik.

”Saya kira batin ini bahagia, yang terpenting setelah lebaran ini perilaku harus lebih sempurna. Puasa harus jadi energi menahan syahwat, sering-seringlah berpuasa setelah syawal ini untuk mengendalikan nafsu agar menjadi pribadi yang lebih baik,” ujar Emil kepada wartawan.

Emil menyebut inti dari hari raya kali ini bagi seorang pemimpin ialah harus amanah. Sementara bagi warga taat aturan. ”Kalau warga taat aturan kalau pemimpin amanah, Insya Allah kota ini akan luar biasa. Saya doakan juga warga Bandung sehat-sehat, berjumpa lagi di Ramadan tahun depan,” ujarnya.

Perubahan positif masing-masing individu menurut pria yang akrab disapa Emil ini bisa mempengaruhi keberhasilan sebuah kota. Emil yakin kebiasaan menaati aturan akan menjadikan slogan ’Bandung Juara’ akan terwujud.

Di hari Lebaran, Emil secara khusus mendoakan warga Bandung yang sakit agar kembali sehat. ”Yang enggak bisa puasa dan lebaran karena sakit, semoga cepat sembuh dan diberi umur panjang untuk merasakan lebaran tahun depan,” katanya.

Emil sendiri memiliki rutinitas dalam merayakan Lebaran. Usai acara Open House, ia dan keluarga akan mengunjungi orangtua untuk bersilaturahmi, baik orangtua Emil di Cigadung maupun orangtua istrinya Atalia di Dago.

”Biasanya setelah dzuhur saya baru ke rumah Ibu, karena ibu juga menerima anak cucunya . Kebetulan karena saya dinas harus menerima warga. Jadi setelah ini saya keliling ke sepuh-sepuh saya,” katanya.

Saat momen lebaran ini juga, Emil mengaku memiliki makanan favorit yakni opor ayam buatan sang istri Atalia. Namun yang membuatnya berbeda, setiap tahun sang istri, Atalia selalu memberikan variasi menu. Tahun ini, Atalia menyiapkan sushi dan nasi liwet. (bbs/fik)

Tinggalkan Balasan