LS Vinus Rilis Hasil Survei 5 Bakal Calon Bupati Bogor, Siapa Paling Unggul?

JABAR EKSPRES – Lembaga Survei Vinus Visi Nusantara Maju melakukan survei pertama kalinya dalam konteks Pemilihan Daerah (Pilkada ) tahun 2024 di Kabupaten Bogor.

Direktur Eksekutif LS Vinus Yusfitriadi mengatakan, dalam survei ini masih menggunakan instrumen terbuka bagi tingkat elektabilitas bupati dan wakil bupati jelang pilkada 2024.

Adapun instrumen lainnya, kata Yusfitriadi, bersifat informatif dan edukatif kuesionernya bersifat tertutup. Karena komitmen LS Viny dalam memberikan informasi dinamika politik tidak hanya sekedar konteks elektabilitas politik. Namun lebih banyak kuesioner yang bersifat informatif dan edukatif.

“Itu tergambar dengan adanya kuesioner yang menanyakan kepada masyarakat kabupaten Bogor terkait tingkat pengetahuan masyarakat terhadap waktu tahapan pemungutan dan perhitungan suara,” katanya kepada media, Rabu (8/5).

Kendati begitu, sambung Yus, ada juga instrumen yang menanyakan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu

“Begitupun dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Kabupaten Bogor, baik eksekutif maupun legislatif,” tambahnya.

Dalam konteks pemilihan masyarakat Kabupaten Bogor terhadap Bupati ada 5 orang.

1. Jaro Ade ( Ade Ruhandi ) dengan 26,75%
2. Iwan Setiawan 7,38 %
3. Rudy Susmanto 5,63%
4. Rikeu Iskandar 3,75 %
5. Elly Yasin 3,13 %

Berikut hal Menarik Dari Kelima Bacabup tersebut :

Pertama, Jaro Ade (Ade Ruhandi) Memiliki elektabiltas yang konsisten.
Ada diperingkat pertama untuk calon Bupati Bogor pada Pemilu 2024.

Hal ini menggambarkan bahwa Jaro Ade sampai saat ini masih mendominasi eletabilitas, bahkan sangat jomplang dengan urutan berikutnya sampai hampir 20 % selisihnya.

Kedua, matahari kembar di partai Gerindra. Iwan dan Rudi dengan elektabilitas yang mepet, walaupun sangat jauh dengan Jaro Ade.

Ketiga, Iwan di atas Rudi, karena beberapa minggu ini Iwan sangat rajin berdinamika politik, karena mungkin posisinya sebagai Ketua DPC Partai Gerindra.

Sementara Rudi beberapa minggu ini sangat pasif. Wajar ketika elektabilitas rudi di bawah Iwan.

Keempat, nama baru yang menyalip Elly Yasin  adalah Rike Iskandar. Sangat wajar karena semenjak bulan yang lalu rike sangat rajin turun ke masyarakat dan banyak memasang baliho dan spanduk kondisi ini dipertegas dengan deklarasi secara terbuka tentang kesiapannya menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan