Hadapi Adipura, Dishub Tertibkan Parkir Liar

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Menghadapi penilaian Adipura, sejumlah persiapan terus dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishukominfo) Bandung Barat dengan menertibkan parkir dan bongkar muat liar.

Berdasarkan pantauan, sejumlah pertugas Dishukominfo melakukan penertiban di jalan lintang susun (underpass) Padalarang, kemarin (1/11). Penertiban diawali dengan sosialisasi kepada para pengguna jalan.

Kapala Bidang Angkutan Dishubkominfo Bandung Barat Panji Hernawan mengungkapkan, penertiban parkir ini salah satunya agar masyarakat bisa tertib dalam memarkirkan kendaraannya. Selain itu, penertiban ini juga dalam menyambut penilaian Adipura.

”Kita lakukan sosialisasi selama lima hari ke depan,”  katanya kepada wartawan di Underpass Padalarang, kemarin (1/11).

Untu itu, pihaknya memberikan selebaran kepada para pengendaraan dan memasang spanduk peringatan. Lebih jauh, underpass sering dijadikan tempat parkir dan bongkar muat kendaraan yang melintas.

Kondisi itu menghambat pengendara lainnya yang akan melintas. Sosialisasi penertiban kali ini, lanjut dia, dilakukan bekerja sama dengan kepolisian dan TNI. Selanjutnya, pengendara yang melanggar akan ditindak. ”Penindakan nanti ditangani kepolisian,” ujarnya.

‪Saat ini, dia mengungkap, penertiban difokuskan di jalan underpass Padalarang. Ke depan, penertiban serupa akan dilakukan di beberapa titik rawan. Di antaranya di sekitar pasar tradisional.

Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup KBB Apung Hadiat Purwoko mengungkapkan, sejauh ini penataan di beberapa titik penilaian Adipura sudah menunjukkan perkembangan. Hal itu terwujud atas kerja sama beberapa instansi terkait untuk memperbaiki dan mempercantik sejumlah fasilitas umum.

”Pemantauan pertama Adipura akan berlangsung pada hari Minggu (13/11), mendatang. Jika lolos pemantauan pertama, Bandung Barat akan mengikuti pemantauan kedua pada Februari 2017,” ungkapnya.

Sementara penghargaan Adipura, menurut dia, biasanya diberikan menjelang akhir tahun. Untuk itu, pihaknya membenahi berbagai infrastruktur yang menjadi penilaian. Harapannya, bisa meraih Adipura untuk pertama kalinya pada tahun depan.

‪Secara umum, lanjut dia, saat ini poin yang dimiliki Bandung Barat sudah mencapai 71 sesuai batas minimal yang harus diperoleh agar lolos pemantauan pertama. Dia optimistis, Bandung Barat bisa berlanjut ke pemantauan kedua seiring terus dilakukan penataan di berbagai titik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan