Operasi Rutin Parkir Liar Tak Efektif

BANDUNG – Parkir liar masih menjadi hal problematik, yang sampai kini masih belum ditemukan cara penyelesaiannya. Namun Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, kini tengah mengupayakan terkait cara meminimalisir berkurangnya aktivitas ini.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional (Dalops) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara, salah satu upaya yang tengah dilakukan Dishub Kota Bandung dalam mengurangi kasus maraknya parkir liar ini, dengan melakukan operasi secara rutin.

“Kita melakukan penertiban, di titik-titik yang sebelumnya kita awasi terkait daerah yang rawan parkir liar. Selain itu, penertiban parkir itu juga mengacu dari laporan masyarakat, via simdek dan sosial media,” ujar Asep Kuswara saat dihubungi Jabar Ekspres.

Selain penertiban pihaknya berharap, dalam operasi ini nantinya bisa memberikan efek jera bagi para pelanggar. Teguran, tilang, hingga penderekan merupakan cara, dalam menurunkan aktifitas parkir liar di Kota Bandung.

“Penindakan bagi pelanggar parkir mengacu pada Perda Kota Bandung nomor 03 tahun 2020, terkait penderekan kendaraan bermotor. Dari jajaran kepolisian sendiri menerapkan tilang maksimal,  apabila terdapat pemilik di lokasi pelanggaran tersebut,” paparnya.

Parkir Liar di Jalan Diponegoro Jadi Perhatian

 

Menanggapi isu kawasan Jalan Diponegoro yang setiap hari nya marak aktivitas parkir liar, Asep menjelaskan, pihaknya sering berupaya dalam hal melakukan penertiban. Dari segi pemberian himbauan kepada pemilik tempat, hingga memberikan alternative parkir lain.

“Kita selalu mengawasi secara berkala, terus juga memberikan himbauan kepada pemilik tempat wisata dan pemilik kendaraan. Dan pastinya kita carikan alternative tempat parkir lain,” jelasnya.

Titik wilayah yang kini tengah di fokuskan oleh Dishub Kota Bandung dalam hal penertiban parkir liar meliputi, seputaran Gasibu yaitu Jalan Majapahit dan Diponegoro. Hal ini imbas dari adanya pasar tumpah yang menjadi faktor maraknya aktivitas ini.

“Salah satu yang menjadi sorotan adalah seputaran gasibu. karena setiap hari Minggu ada aktivitas pasar tumpah. Terdapat banyak parkir liar di daerah tersebut. Kami secara rutin bersama jajaran polrestabes setiap hari minggu melakukan penertiban di daerah tersebut,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan