Subsidi Bantuan Dana Bansos PIP untuk Anak Sekolah Cair Oktober 2024, Cek Link Ini

JABAR EKSPRES – Pada Oktober 2024, program Bantuan Sosial Program Indonesia Pintar (PIP) kembali cair untuk anak sekolah tanpa potongan. Bantuan ini sangat dinantikan oleh para siswa dari keluarga kurang mampu sebagai dukungan biaya pendidikan.

Melalui program ini, pemerintah berupaya membantu siswa menyelesaikan pendidikan wajib 12 tahun dengan meringankan beban biaya sekolah.

Penerima bantuan PIP dapat dengan mudah memeriksa status mereka secara online melalui ponsel. Cukup dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Langkah ini memudahkan orang tua dan siswa memastikan apakah mereka termasuk penerima bantuan tahun 2024.

Baca juga : Siap-Siap! Info Pencairan PIP Kemdikbud Cair di Bulan Oktober 2024 Datang, Cek Status dan Nominalnya

PIP 2024 ditujukan untuk siswa yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial dan juga terdaftar dalam Dapodik sekolah.

Data siswa harus tercatat lengkap, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan NISN agar memenuhi syarat sebagai penerima bantuan. Bantuan PIP ini khusus diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu yang terdaftar secara resmi.

Bantuan PIP disalurkan secara bertahap melalui rekening siswa di Bank BRI, BNI, dan BSI, tanpa potongan. Setiap jenjang pendidikan menerima jumlah bantuan yang berbeda, berikut rinciannya:

  1. Siswa SD: Menerima bantuan sebesar Rp225.000 hingga Rp450.000 per tahun melalui rekening SimPel di Bank BRI.
  2. Siswa SMP: Mendapatkan bantuan berkisar antara Rp375.000 hingga Rp750.000 per tahun.
  3. Siswa SMA/SMK dan sederajat: Mendapat bantuan paling besar, yaitu antara Rp900.000 hingga Rp1,8 juta per tahun yang disalurkan ke rekening Bank BNI. Khusus untuk wilayah Aceh, penyaluran dilakukan melalui Bank BSI.

Pencairan dana bantuan dilakukan sekali dalam setahun, namun terbagi dalam tiga tahap penyaluran. Hal ini dilakukan untuk memastikan siswa dapat memanfaatkan bantuan secara optimal selama tahun ajaran.

Baca juga : Bansos PIP 2024 Cair! Cek Pencairan Bantuan Pendidikan hingga Rp1,8 Juta di pip.kemdikbud.go.id

Untuk memastikan apakah Anda atau anak Anda termasuk penerima bantuan PIP tahun ini, ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan