6 Titik Razia Operasi Zebra 2024 di Cirebon, Ini Dia Wilayah Titik Krusialnya

JABAR EKSPRES – Berikut ini adalah titik rawan razia operasi zebra 2024 di Cirebon. Ini dia wilayah titik krusialnya untuk pengendara.

Operasi Zebra Lodaya 2024 telah memasuki hari kedua dan akan berlangsung hingga 27 Oktober 2024. Kegiatan yang digelar oleh Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas di wilayah Kabupaten Cirebon. Selain itu, operasi ini juga mendukung kelancaran proses pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang akan datang.

Menurut Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol Mangku Anom Sutresno, operasi kali ini lebih mengedepankan edukasi kepada masyarakat, terutama kalangan generasi muda, agar lebih tertib dalam berlalu lintas. “Kami ingin menekankan bahwa disiplin berlalu lintas adalah tanggung jawab semua pengendara. Upaya preventif sudah dilakukan jauh sebelum Operasi Zebra ini dimulai,” ujarnya, Selasa (15/10/2024).

Edukasi Menjadi Prioritas

Operasi Zebra Lodaya 2024 tidak hanya mengandalkan penindakan hukum berupa tilang, tetapi lebih mengutamakan edukasi dan pendekatan persuasif kepada masyarakat. Menurut Kompol Mangku, tilang merupakan upaya terakhir yang akan dilakukan jika pelanggaran tetap terjadi, terutama pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. “Kecelakaan selalu dimulai dari pelanggaran. Jadi, edukasi adalah langkah awal untuk mencegah hal tersebut,” tambahnya.

Baca Juga: 17 Daftar Lokasi Razia Operasi Zebra 2024 di Jakarta dan Jabodetabek

Pihak kepolisian juga mengidentifikasi tujuh pelanggaran prioritas yang menjadi fokus utama dalam Operasi Zebra tahun ini. Beberapa di antaranya adalah pelanggaran batas kecepatan, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan sabuk pengaman, mengemudi di bawah pengaruh alkohol, serta kendaraan yang membawa muatan berlebih.

Razia di Beberapa Titik Strategis

Polresta Cirebon telah menetapkan beberapa titik razia di wilayahnya. Dari pengamatan yang dilakukan pada operasi-operasi sebelumnya, polisi sering mengadakan razia di lokasi-lokasi strategis seperti Simpang Empat Sumber, Simpang Empat Weru, Simpang Empat Palimanan, Pertigaan Lemahabang, depan Polresta Cirebon, dan sekitar Jalan Watubelah. Selain itu, petugas juga mengadakan razia secara mobile di jalan-jalan utama untuk menindak pelanggaran yang sering terjadi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan