Pemanfaatan Daun Kelor dalam Formulasi Nori untuk Atasi Anemia dan Stunting di Desa Nagrog Bandung

JABAR EKSPRES – Dalam upaya meningkatkan kualitas gizi masyarakat, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) dengan judul “Pemanfaatan Daun Kelor dalam Formulasi Nori sebagai Solusi Nutrisi untuk Mengatasi Anemia dan Stunting” telah dilaksanakan di RW 10 Desa Nagrog Kec. Cicalengka Kab. Bandung.

Acara ini bertujuan untuk mengedukasi warga tentang potensi daun kelor, yang kaya akan nutrisi, sebagai bahan baku nori-makanan yang populer dan bernilai gizi tinggi.

Dengan mengintegrasikan bahan lokal yang mudah didapat, diharapkan masyarakat dapat mengatasi masalah kesehatan seperti anemia dan stunting, yang menjadi tantangan serius di wilayah tersebut.

Melalui kolaborasi antara Dosen Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana, warga, dan tenaga kesehatan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran serta penerapan pola makan sehat di kalangan masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Novaliana Devianti Sagita, M.Farm beranggotakan Dr. Aiyi Asnawi, M.Si, Dr. apt. Siti Saidah, M.Si, Apt. Drs. Rahmat Santoso, M.Si., M.HKes, Apt. Mia Nisrina, M.Farm, dan Ivan Andriansyah, M.Pd dilaksanakan di daerah kabupaten Bandung tepatnya di Desa Nagrog Rt.02/Rw.10, Kecamatan Cicalengka.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 1 September 2024 yang dihadiri oleh 50 warga RW 10, petugas Puskesmas Sawah Lega, Ibu-ibu kader PKK dan beberapa perangkat desa yang turut membantu pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini.

Berdasarkan data dari penelitian sebelumnya, diketahui bahwa daun kelor (Moringa oleifera) memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, terutama vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi, yang penting untuk pertumbuhan anak-anak.

Namun, pemanfaatan daun kelor dalam sektor pangan, khususnya sebagai bahan tambahan jajanan anak-anak, masih sangat terbatas di beberapa daerah.

Hal ini mendorong kami untuk melakukan inovasi dalam pemanfaatan daun kelor agar lebih menarik bagi anak-anak.

Pada tahap awal, tim Pengmas melakukan penyuluhan untuk mengenalkan berbagai manfaat daun kelor bagi kesehatan, terutama dalam mencegah stunting dan anemia. Materi disampaikan oleh Ivan Andriansyah, M.Pd.

Penyampaian Materi Pemanfaatan Daun Kelor Oleh Dosen Ivan Andriansyah, M.Pd (Foto: Dosen & Mahasiswa UBK)
Penyampaian Materi Pemanfaatan Daun Kelor Oleh Dosen Ivan Andriansyah, M.Pd (Foto: Dosen & Mahasiswa UBK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan