Marissa Haque Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun, Diduga Karena Masalah Jantung

Vito juga menjelaskan bahwa kasus henti jantung dan serangan jantung sering kali berkaitan. “Serangan jantung biasanya disebabkan oleh sumbatan aliran darah ke otot jantung, yang dapat memicu gangguan irama jantung dan berakhir pada henti jantung,” paparnya.

Menurut Vito, perempuan cenderung jarang memeriksakan kondisi jantung mereka jika merasa sehat. Hal ini menjadi alasan mengapa penyakit jantung seringkali tidak terdeteksi hingga terjadi peristiwa mendadak seperti ini.

Apa Itu Cardiac Arrest?

Cardiac arrest atau henti jantung terjadi ketika jantung tiba-tiba berhenti berdetak secara efektif. Darah tidak lagi dipompa ke seluruh tubuh, yang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat. Untuk menangani situasi ini, diperlukan tindakan segera seperti resusitasi jantung paru (CPR) atau penggunaan defibrilator.

Peristiwa henti jantung sering kali terjadi karena gangguan listrik di jantung yang disebut aritmia. Sementara itu, serangan jantung atau infark miokard adalah masalah aliran darah ke jantung yang bisa memicu cardiac arrest.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan