Peringatan Al-Quran Tentang Pertambahan Usia Manusia, Penting Untuk Direnungkan

Peringatan Al-Quran Tentang Pertambahan Usia Manusia, Penting Untuk DirenungkanJABAR EKSPRES – Usia manusia sudah ada garis finishnya masing-masing, sebelum mencapai garis tersebut, ada beberapa tanda yang dimunculkan Allah sebagai peringatan. Peringatan tersebut bahkan ada dalam Al-quran.

Pertambahan usia seseorang memang tidak bisa dihindari, usia tua merupakan moment yang tak kalah berharganya dengan yang lain.

Untuk mempersiapkannya, kita perlu mempelajari berbagai peringatan yang muncul tersebut. Berikut beberapa peringatan lam al-quran tentang bertambahnya usia manusia:

1. Semakin bertambah usia semakin lemah tangan menggenggam… karena Allah sedang mendidik kita agar melepaskan cinta dunia.

مَنۡ كَانَ يُرِيۡدُ الۡحَيٰوةَ الدُّنۡيَا وَ زِيۡنَتَهَا نُوَفِّ اِلَيۡهِمۡ اَعۡمَالَهُمۡ فِيۡهَا وَهُمۡ فِيۡهَا لَا يُبۡخَسُوۡنَ‏ ١٥

Barang siapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, pasti Kami berikan (balasan) penuh atas pekerjaan mereka di dunia (dengan sempurna) dan mereka di dunia tidak akan dirugikan.

( Qs. Hud : 15-16 )

2. Semakin bertambah usia semakin kabur mata kita… karena Allah sedang mencerahkan mata hati untuk melihat Akhirat.

وَمَنۡ كَانَ فِىۡ هٰذِهٖۤ اَعۡمٰى فَهُوَ فِى الۡاٰخِرَةِ اَعۡمٰى وَاَضَلُّ سَبِيۡلًا

Wa man kaana fii haazihiii a’maa fahuwa fil aakhirati a’maa wa adallu sabiilaa

Dan barang siapa buta (hatinya) di dunia ini, maka di akhirat dia akan buta dan tersesat jauh dari jalan (yang benar).
( Qs. Al Isra:72 )

3. Semakin bertambah usia semakin sensitif perasaan kita… karena Allah sedang mengajarkan bahwa pautan hati dengan makhluk senantiasa menghampakan, namun hati yang berpaut kepada Allah tiada pernah mengecewakan.

۞ وَمَنْ يُّسْلِمْ وَجْهَهٗٓ اِلَى اللّٰهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقٰىۗ وَاِلَى اللّٰهِ عَاقِبَةُ الْاُمُوْرِ ۝٢٢

wa may yuslim waj-hahû ilallâhi wa huwa muḫsinun fa qadistamsaka bil-‘urwatil-wutsqâ, wa ilallâhi ‘âqibatul-umûr

Siapa yang berserah diri kepada Allah dan dia seorang muhsin, maka sungguh dia telah berpegang teguh pada buhul (tali) yang kukuh. Hanya kepada Allah kesudahan segala urusan.( Qs. Al Lukman : 22 )

4. Semakin bertambah usia semakin gugur gigi² kita… karena Allah sedang mengingatkan bahwa suatu hari kita akan gugur kedalam tanah selamanya.

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ اَنْ تَمُوْتَ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ كِتٰبًا مُّؤَجَّلًاۗ وَمَنْ يُّرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهٖ مِنْهَاۚ وَمَنْ يُّرِدْ ثَوَابَ الْاٰخِرَةِ نُؤْتِهٖ مِنْهَاۗ وَسَنَجْزِى الشّٰكِرِيْنَ ۝١٤٥

wa mâ kâna linafsin an tamûta illâ bi’idznillâhi kitâbam mu’ajjalâ, wa may yurid tsawâbad-dun-yâ nu’tihî min-hâ, wa may yurid tsawâbal-âkhirati nu’tihî min-hâ, wa sanajzisy-syâkirîn

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan