Cerita Menyentuh saat Dokter Rayendra Jelaskan Manfaat BPJS untuk Periksa Mata Nenek

JABAR EKSPRES – Dalam kunjungannya di tengah masyarakat, dalam rangka blusukan Dokter Rayendra, calon Wali Kota nomor lima, menunjukkan kepedulian dan perhatian yang besar terhadap kesehatan warganya, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah pada penglihatan (Katarak).

Hal itu terlihat ketika Dokter Rayendra melihat seorang ibu-ibu yang mengalami masalah penglihatan di wilayah Tegal Gundil, Kota Bogor.

Pada kesempatan tersebut, seorang warga mengungkapkan bahwa dirinya kesulitan melihat dan tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

“Tidak bisa ngapa-ngapain matanya,” ujar warga tersebut.

Dokter Rayendra kemudian menanyakan lebih lanjut, “Tidak melihat?”

“Dua-duanya,” jawab sang warga, mengonfirmasi bahwa kedua matanya terkena gangguan.

Dokter Rayendra langsung menanggapi dengan pertanyaan penting.

“Punya BPJS nggak?” Setelah mendapat konfirmasi bahwa warga tersebut memiliki BPJS, Dokter Rayendra memberikan solusi dengan meminta agar si ibu segera dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan rujukan.

Menurutnya, dengan memanfaatkan BPJS, pengobatan katarak dapat dilakukan tanpa biaya.

“Katarak ini mah, kasian bisa ngaji lagi,” ungkap Dokter Rayendra sambil meyakinkan warga tersebut bahwa tindakan operasi dapat dilakukan dengan biaya gratis menggunakan BPJS.

“Gratis dioperasi mah, lensa juga gratis. Ibu bisa ke Puskesmas, minta rujukan ke RSUD. Nanti di RSUD ibu dioperasi, setelah itu ibu bisa melihat lagi,” tambahnya.

Di akhir perbincangan, Dokter Rayendra menyampaikan pesan penuh makna kepada warga tersebut:

“Kasih sayang adalah obat mujarab yang tidak ternilai,” tutupnya. Pesan tersebut menggarisbawahi pentingnya perhatian dan dukungan, selain perawatan medis, bagi kesembuhan pasien.

Dengan penjelasan yang rinci, Dokter Rayendra menekankan bahwa program BPJS Kesehatan memiliki manfaat besar, termasuk untuk operasi katarak yang sering kali menjadi kendala bagi masyarakat kurang mampu.

Rayendra berharap agar masyarakat tidak ragu memanfaatkan program tersebut untuk memperoleh layanan kesehatan yang maksimal dan berkualitas. (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan