Masuk Musim Penghujan, Warga Cingised Harap Pemkot Bandung Tangani Permasalahan Banjir

JABAR EKSPRES – Masuk musim penghujan, warga Cingised, Kelurahan Cisaranten Endah berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bisa segera menyelesaikan permasalahan banjir yang kerap melanda wilayah tersebut.

Pasalnya, diakui salah satu warga sekitar, Nur Insaan (25), ketika hujan turun baik intensitas rendah maupun tinggi, banjir kerap kali terjadi di wilayah tersebut.

“Maghrib kemarin udah mulai ada genangan di jalanan depan, padahal hujannya gak lama, itupun terbilang kecil lah hujannya, tapi tetep aja banjir,” katanya kepada Jabar Ekspres, Kamis (26/9).

BACAJUGA: Tangis Kamsori Saat Mimpinya Terbeli, Tak Punya Tanah-Rumah Memaksanya Tidur di Kandang Kambing

Menurutnya, hal ini berkenaan dengan sistem drainase pembuangan air yang tak berjalan baik di wilayah tersebut. Terlebih gorong-gorong yang seharusnya mampu menampung dan mengalirkan air kurang bekerja secara maksimal.

“Gorong-gorong gak ngalir airnya. Di tambah sejajar dengan jalan. Jadinya si air hujan itu meleber di jalanan. Al hasil ya banjir, masuk ke gang bahkan sampai rumah warga pinggir-pinggir jalan kalau hujan gede turun,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua RW 04, Lenni menyebutkan pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak kewilayahan terkait permasalahan banjir yang kerap melanda wilayah tersebut. Diakuinya, hal ini tinggal menunggu jawaban dari pemerintahan terkait.

BACA JUGA: Aturan Pakaian, Sepatu hingga Hijab saat SKD CPNS, Ini Gambaran untuk Wanita dan Pria

“Sering kita laporkan dan komunikasikan ke pihak kewilayahan. Sekarang tinggal menunggu langkah apa yang bakal di ambil Pemerintah Kota Bandung,” ucapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, A Koswara memastikan bahwa pihaknya bakal berfokus pada penangan banjir saat musim penghujan tiba. Namun terkait wilayah mana yang bakal menjadi prioritas, dirinya tak menjelaskan secara rinci.

“Dalam persiapan musim hujan ini, kita fokus pada antisipasi bencana, terutama banjir. Salah satu faktor utama penyebab banjir adalah sampah liar. Selain merusak lingkungan, sampah ini juga menyumbat saluran drainase yang berakibat pada meluapnya air,” pungkasnya. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan