Keutamaan Memiliki Anak Perempuan Berdasarkan Hadits

JABAR EKSPRES – Memiliki anak perempuan, mungkin bagi sebagian orang bukanlah hal yang membanggakan, karena banyak orang yang lebih memilih memiliki anak laki-laki yang lebih bisa diandalkan.

Padahal ada ungkapan seorang anak perempuan bisa menjadi tabir bagi orang tuanya dari terjerumus ke dalam api neraka.

Namun memiliki anak laki-laki merupakan impian bagi semua orang, karena anak laki-laki dinilai lebih bisa diandalakan ntuk menggantikan orang tuanya sebagai tulang punggung keluarga, atau karena anak laki-laki dinilai lebih kompeten dibanding anak perempuan.

Baca juga : 100 Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan terjadi Sepanjang Januari-Juni 2024, DP3A Kota Bandung Perkuat Hal Ini!

Di samping itu, biaya nafkah untuk anak laki-laki juga dinilai lebih murah, bahkan anak laki-laki juga bisa membantu sang ayah mengais rizki.

Islam mengajak manusia menuju kebahagiaan akhirat, memberikan motivasi sebaliknya. Bahwa anak perempuan selayaknya dimuliakan. Sekalipun nampaknya di dunia tidak bisa membuat kaya orang tuanya, pendidikan yang diberikan orang tua kepada anak perempuan akan menjadi tabungan baginya kelak di hari kiamat.

Terdapat banyak dalil yang menunjukkan keutamaan anak perempuan yang dilansir dari tausiahUstadz Ammi Nur Baits yang juga sebagai Dewan Pembina Konsultasisyariah.com diantaranya:

1. Hadis dari ’Aisyah radhiyallahu ‘anha menceritakan,

Suatu hari, ada seorang ibu bersama dua putrinya menemuiku untuk meminta sesuatu. Namun aku tidak memiliki makanan apapun selain satu buah kurma. Aku pun memberikan satu kurma itu ke sang ibu. Kemudian dia membagi dua kurma itu dan memberikannya kepada anak-anaknya, sementara dia tidak memakannya. Lalu dia keluar dan pergi.

Baca juga : Klaim Menurun, Angka Kekerasan Anak dan Perempuan di Kota Bandung

Setelah itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang dan aku ceritakan kejadian itu kepada beliau. Lalu beliau bersabda,

مَنِ ابْتُلِيَ مِنْ هَذِهِ البَنَاتِ بِشَيْءٍ كُنَّ لَهُ سِتْرًا مِنَ النَّارِ

Siapa yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi tameng baginya di neraka. (HR. Ahmad 24055, Bukhari 1418, Turmudzi 1915, dan yang lainnya).

2. Hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan