Ini Jadwal Pencairan Bansos BPNT September 2024

JABAR EKSPRES – Jadwal pencairan Bansos BPNT September 2024 sudah dinanti oleh banyak penerima manfaat (KPM) dari Kemensos. Dengan kondisi ekonomi yang menantang, bantuan ini menjadi harapan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi Anda yang ingin mengetahui kapan BPNT cair di September 2024, simak informasi berikut. Anda juga bisa memeriksa daftar penerima BPNT dengan KTP melalui laman cekbansos.kemensos.go.id dan dapatkan BLT sebesar Rp2,4 juta.

BPNT, atau Bantuan Pangan Non Tunai, merupakan program bantuan dari Kemensos untuk masyarakat yang masuk dalam kategori miskin ekstrem. Bantuan ini awalnya disalurkan dalam bentuk bahan pangan seperti beras, minyak goreng, sayur, daging, dan buah-buahan.

Namun, sejak tahun 2022, Kemensos mengubah mekanisme penyalurannya menjadi uang tunai agar lebih optimal dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penerima manfaat. Tahun 2024 ini, Kemensos akan menyalurkan BPNT kepada 18,8 juta penerima dengan skema penyaluran bulanan. Setiap penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan, Rp400 ribu untuk dua bulan, atau Rp600 ribu jika penyaluran dilakukan setiap tiga bulan.

BACA JUGA: Kapan Pencairan Bansos BPNT Agustus-September di Kantor Pos, Simak Jadwalnya di Sini!

Lalu, kapan BPNT September 2024 akan cair? Berdasarkan pengalaman bulan sebelumnya, BPNT disalurkan pada minggu keempat bulan Agustus, tepatnya antara tanggal 19 hingga 31. Dengan demikian, pencairan BPNT untuk bulan September 2024 kemungkinan akan berlangsung antara 23 hingga 30 September 2024.

Untuk mengetahui apakah Anda masuk dalam daftar penerima BPNT, Anda bisa mengecek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Caranya sangat mudah: buka laman tersebut, masukkan data wilayah dan nama sesuai KTP, ketik kode captcha yang muncul, lalu klik “cari”. Hasil pencarian akan menampilkan status penerima, periode pencairan, serta informasi apakah bantuan sudah cair atau belum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan