Lomba Jurnalistik Bank Indonesia Jabar kembali Digelar, Total Hadiah Puluhan Juta

JABAR EKSPRES – Anugerah jurnalistik West Java Journalist Competition (WJJC) kembali digelar oleh Bank Indonesia (BI) Jawa Barat (Jabar) bekerjasama dengan Forum Diskusi Wartawan Bandung (FDWB).

Mengambil tema “Peran dan Potensi Bank Indonesia dalam Memperkuat Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat”, kompetisi ini dibuka secara umum untuk seluruh jurnalis aktif yang melakukan peliputan di wilayah Jawa Barat.

Adapun subtema yang diperlombakan ada empat yaitu berkaitan dengan Pengendalian Inflasi, Infrastruktur, Pengembangan Ekonomi Baru dan Digitalisasi.

Kepala Perwakilan BI Jabar Muhamad Nur menjelaskan, empat subtema yang diperlombakan sangat erat dengan upaya pemerintah dalam mendorong akselerasi perekonomian termasuk di wilayah Jawa Barat. Di tengah tantangan global dan domestik saat ini, Bank Indonesia memandang pentingnya menjaga momentum perekonomian Jawa Barat.

Dalam upaya tersebut, peningkatan kinerja sektor-sektor yang dapat mendorong pertumbuhan serta eksplorasi sumber-sumber pertumbuhan baru seperti pariwisata, pengembangan ekonomi hijau, dan digitalisasi, menjadi sangat krusial.

Selain itu, stabilitas harga dan ketahanan pangan juga berperan signifikan dalam menjaga kesejahteraan rakyat Jawa Barat. Untuk mendukung berbagai upaya tersebut, diperlukan juga optimisme dari masyarakat, termasuk pelaku usaha, mulai dari tingkat mikro hingga besar.

“Melalui kompetisi ini, diharapkan para jurnalis dapat turut membangun optimisme masyarakat hingga mendukung stabilitas dan proses pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. Di sisi lain, di tengah arus informasi yang bergerak begitu cepat, jurnalis terkadang luput dalam mengemas informasi secara aktual, faktual, komprehensif dan menarik,” ujar Nur melalui siaran pers, Minggu (1/9/2024).

Nur menyebut bahwa ide, gagasan, dan masukan melalui karya jurnalistik ini dapat menjadi salah satu masukan bagi Bank Indonesia, pemerintah daerah beserta seluruh stakeholders komponen hexahelix Jawa Barat dalam menumbuhkan perekonomian termasuk sektor yang selama ini belum termaksimalkan. pertumbuhan ekonomi Jawa Barat semakin berkualitas dan berkelanjutan.

“Saya mengajak seluruh insan jurnalis di Jawa Barat untuk berpartisipasi menciptakan karya terbaik untuk memberikan kontribusi bagi Jawa Barat dan Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Dia berharap kompetisi ini dapat menjadi kanal kolaboratif yang akan membantu para jurnalis menghasilkan karya besar yang juga memberi dampak yang besar bagi masyarakat dan Bank Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan