Kunci Jawaban Tema 1 Subtema 4 Kelas 3 Hal 155-183, Ciri-Ciri Bunga dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013

JABAR EKSPRES – Berikut ini adalah kunci jawaban kelas 3 hal. 155-183 kurikulum tematik terpadu 2013 tentang memahami ciri-ciri bunga.

Belajar biologi bisa jadi seru kalau kita tahu cara menyerap materi dengan tepat. Salah satu topik menarik dalam pembelajaran tema 1 subtema 4 kelas 3 di Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 adalah tentang perkembangbiakan tumbuhan dan ciri-ciri bunga. Kali ini, kita akan mengupas tuntas kunci jawaban yang memuat materi penting ini, tentunya dengan gaya santai dan mudah dipahami.

Perkembangbiakan Tumbuhan secara Alami dan Buatan

Salah satu materi utama yang dibahas dalam tema ini adalah tentang bagaimana tumbuhan berkembang biak. Tumbuhan memiliki dua cara utama untuk berkembang biak, yaitu secara alami dan buatan. Secara alami, tumbuhan bisa berkembang biak melalui biji, umbi, atau bahkan tunas. Sedangkan secara buatan, manusia turut campur tangan dengan teknik seperti cangkok, stek, atau kultur jaringan.

Misalnya, dalam halaman 155 dan 156, siswa diajak untuk memahami daur hidup tanaman semangka. Di sini, siswa perlu mengamati gambar dan melengkapi bagan daur hidup tanaman semangka. Dengan memperhatikan gambar-gambar tersebut, siswa akan belajar bagaimana biji semangka tumbuh menjadi tunas, kemudian berkembang menjadi tanaman dewasa yang berbuah.

Daur Hidup Tanaman Semangka

Nah, untuk lebih memperdalam pemahaman, siswa juga diminta untuk menuliskan tahapan daur hidup semangka dengan bahasa sendiri. Ini cara yang efektif untuk memastikan mereka benar-benar memahami prosesnya. Mulai dari biji yang terpisah dari daging buah, hingga tumbuh menjadi tunas, dan akhirnya menjadi tanaman yang siap berbuah.

Pada halaman 156, tahapan ini dirinci sebagai berikut: pertama, biji semangka ditanam dan mulai bertunas. Kedua, tunas terus tumbuh menjadi tanaman yang merambat. Ketiga, tanaman semangka mulai berbunga, dan akhirnya bunga tersebut mengalami penyerbukan hingga menghasilkan buah semangka yang lezat.

Ciri-Ciri Bunga Rafflesia

Selain membahas daur hidup tanaman, subtema ini juga mengajak siswa untuk mengamati ciri-ciri bunga. Salah satu contoh yang digunakan adalah bunga Rafflesia, bunga raksasa yang menjadi kebanggaan Indonesia. Di halaman 162, siswa diminta untuk mengamati gambar bunga dan menuliskan ciri-cirinya. Misalnya, Rafflesia dikenal dengan mahkota bunganya yang besar dan berwarna merah gelap, serta memiliki lima mahkota.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan