In Service, Matangkan Penerapan Kurikulum 2013

PUSAKANAGARA– Guru dan Kepala Sekolah yang tergabung dalam dua induk cluster yaitu SMPIT Assalafiyah Boarding School Pusakanagara dan SMP Al Qur’an Ma’rifatussalam Dawuan, melakukan Kegiatan In Service Pendampingan sekolah Pelaksanaan Kurikulum 2013 Tahun 2018.

Kegiatan pendampingan terebut dilaksanakan selama dua hari yakni pada 27-28 Juli di Induk Kluster SMP IT Assalafiyah Boarding School Pusakanagara Kabupaten Subang.

Selain itu, kegiatan juga diikuti oleh guru Induk cluster SMPIT Assalafiyah terdiri atas 5 kluster/ sekolah imbas yaitu SMP IT Al Huda Pusakajaya, SMP IT Al Amin, SMP Plus Darul Musholih Cipunagara, SMP IT Babussalam Blanakan, SMP Al Azhar Tambakdahan.

Menurut salah satu Instruktur kegiatan Hj. Iyos Rosilawati M.Pd, Pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013, merupakan pemberian bantuan teknis operasional perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum kepada sekolah (terutama guru dan kepala sekolah).

“Kegiatan ini ditujukan kepada guru kelas 7 semua mata pelajaran dan Kepala Sekolah,” kata H. Iyos.

Ia menambahkan Pendampingan guru diperlukan untuk mengetahui, sejauh mana guru berhasil menerapkan konsep Kurikulum 2013 di kelas. Sebab, proses pendampingan dilakukan melalui sistem In-On.

“Guru dan Kepala Sekolah yang menjadi sasaran Pelaksanaan kurikulum 2013, akan diberikan pendampingan baik pada kegiatan In maupun pada kegiatan On,” ujarnya.

Sementara itu, H. Dedi Supriadi menegaskan adanya perbedaan pembelajaran yang harus diantisipasi oleh semua guru dan tenaga kependidikan yang ada.

“Perbedaan pembelajaran terutama dengan pendekatan saintifik, menuntut guru mampu menjadi fasilitator bagi para siswa” kata H. Dedi Supriadi.

Disamping itu proses pembelajaran harus dikedepankan dalam memberikan penilaian atas hasil belajar. karena melalui proses pembelajaran ini akan terbentuk karakter peserta didik. Sehingga peserta didik akan termotivasi menjadi seorang yang kreatif, inovatif, dan memiliki daya saing yang tinggi.

Dalam kegiatan in Service tersebut berbagai materi yang diberikan diantaranya adalah penjelasan teknis pendmpingan, penyusunan silabus dan RPP (terintegrasi PPK, Literasi dan 4C), Penyusunan instrument penilaian ( integrasi HOTS) dan simulasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian ( integrasi PPK, literasi HOTS) dan refleksi, serta penyusunan RTL untuk On.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan