Hari Kesatuan Gerak PKK 2024, Bey: Refleksi Peran Strategis PKK dalam Pembangunan Masyarakat

JABAR EKSPRES – Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menuturkan, Hari Kesatuan Gerak PKK 2024 menjadi momentum untuk merefleksikan peranan strategis PKK dalam pembangunan masyarakat, sekaligus mengurai pelbagai permasalahan terkini yang terjadi di tengah masyarakat.

Menurut Bey, ada banyak tantangan yang harus dihadapi kader PKK saat ini, mulai dari stunting, kemiskinan, literasi masyarakat, pinjaman online ilegal, sampai judi online.

PKK memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan tersebut. Mengingat, PKK telah menjadi garda terdepan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“PKK telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, sampai pertanian, yang memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat di Jawa Barat,” ucap Bey dalam Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2024 di GOR Saparua, Kota Bandung, Kamis (22/8/2024).

“Saya sampaikan juga apresiasi pada PKK yang telah mendorong masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan memilah sampah dari rumah, dan juga mengajarkan menanam tanaman obat seperti bawang putih, serai, lidah buaya, jeruk nipis, jahe dan sebagainya,” tambahnya.

Bey juga mengatakan, tema Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini yakni “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju” sangat relevan dengan tantangan zaman saat ini.

“Saya harap seluruh Kader PKK untuk terus berinovasi dan meningkatkan kapasitas diri dan memperkuat jaringan kerja sama dengan berbagai pihak agar tetap dapat terus memberikan kontribusi terbaiknya bagi masyarakat Jawa Barat,” kata Bey.

Dalam acara tersebut, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Jabar Amanda Soemedi Bey Machmudin membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian.

Tri menuturkan bahwa ada tiga hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam penguatan peran PKK. Pertama, memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Kedua, mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah.

“Ketiga pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021-2024, rencana induk gerakan PKK menjadi dasar dan panduan bagi tim penggerak PKK pusat dan daerah dalam rangka pengelolaan program gerakan PKK agar lebih implementatif berdaya guna dan berhasil guna,” ucap Tri dalam pidato sambutan yang dibacakan Amanda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan