Cerita Sopir Travel Berhasil Budidaya Anggur dan Raih Kesuksesan Berkat YouTube

JABAR EKSPRES – Himawan Lestoro, yang dikenal sebagai Abeh, adalah seorang sopir travel berusia 48 tahun berhasil mendirikan Soreang Grape Garden di Kampung Pasir Calung, Desa Panyirapan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang pertanian, Abeh berhasil mengubah halaman kosong rumahnya menjadi kebun anggur yang sukses berkat bimbingan dari YouTube dan media sosial.

Abeh memulai perjalanan budidaya anggurnya pada September tahun lalu, memanfaatkan lahan seluas 9×9 meter atau sekitar 91 meter persegi yang dulunya hanya tanah kosong.

BACA JUGA: Diduga Alami Bullying, Dokter PPDS Anastesi Undip Akhiri Hidup di Kamar Indekos

“Iya otodidak, saya tidak ada guru, basic dari pertanian atau apa, basic saya mah nyupiran. Saya belajar dari online dari internet. Walaupun banyak yang saya datangi tapi saya mencoba untuk semua dari online, belum induk dari mana-mana. Di Bandung memang banyak komunitas anggur tapi saya belum merapat kesana, mantepin dulu saya,” ujar Abeh saat ditemui pada Kamis (15/8/2024).

Abeh menjelaskan, meskipun awalnya mengalami kegagalan, namun dirinya berhasil membudidayakan pohon anggur impor yang terbilang sulit di Indonesia.

Terlebih dirinya hanya mengandalkan berbagai media sampah dan pupuk organik yang didapatkannya di sekitar rumah.

BACA JUGA: Apakah Drakor Love Next Door Sudah Tayang?, Ini Jadwal Tayang dan Link Nonton Resminya

“Memang saya pikirkan itu bibit anggur kok sampe setahun bisa sampai jutaan. Orang lain bisa, kenapa saya ngga. Itu yang awalnya, kenapa saya nggak coba. Meskipun saya tidak punya ilmunya, tapi dengan adanya media kan ada manfaat akhirnya saya pelajari, saya coba dan rupanya berhasil,” jelasnya.

“Padahal ini modalnya, media sampah, batang bahwa sebetulnya murah banget ini, saya beli cuma 2 ribuan, cuma ya tingkat sambungnya juga yang punya kesulitan dan kesabaran, nyoba-nyoba baru ini. Sebagian besar banyak yang gagal sambung,” lanjutnya.

Abeh yang saat ini masih menjadi sopir travel Pekalongan-Bandung ini pun sudah merintis budidaya ini dari bulan September 2023 hingga menghasilkan puluhan bibit jenis anggur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan