Polda Bali Selidiki Penyebab Kebakaran Kapal Elisabeth 1 di Perairan Pulau Gili

JABAR EKSPRES – Petugas Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Bali masih menyelediki penyebab kebakaran Kapal Tanker Elisabeth 1 di perairan Pulau Gili Tepekong, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Kepala Bidang Labfor Polda Bali Komisaris Besar Polisi I Nyoman Sukena di Denpasar, Senin (12/8/2024) mengatakan sampai saat ini pengambilan sampel untuk mencari penyebab kebakaran di Kapal Tanker Elisabeth 1 itu belum selesai dilakukan karena kondisi kapal yang belum stabil.

‘’Labfor Polda Bali sudah melakukan pemeriksaan TKP, hanya kendala kapal dalam posisi miring, masih banyak uap karbon bekas kebakaran, sehingga masih menunggu perkembangan,’’ kata Sukena.

BACA JUGA: 3 Lokasi Uji Emisi GRATIS di Kota Bandung 13-15 Agustus 2024, Catat Waktunya!

Sukena juga mengatakan pihaknya sudah dua kali mengambil sampel dari Kapal Tanker Elisabeth 1. Namun, belum semua materi diambil karena kondisi kapal yang belum stabil yang berimbas pada keselamatan petugas.

‘’Kalau cuaca sudah mulai baik dan kondisi kapal stabil, Labfor akan melakukan penyelidikan lagi, karena karbondioksida itu kan membahayakan keamanan petugas Labfor juga,’’ kata Sukena.

Dirpolairud Polda Bali dan pihak Pertamina sudah turun langsung untuk mengecek kondisi kapal.

BACA JUGA: Kebakaran Pemukiman Padat di Manggarai, Diduga Berasal dari Ledakan Charger HP

Sebelumnya, Kepala Seksi Humas Polres Karangasem Iptu I Gede Sukadana menjelaskan insiden kebakaran tersebut terjadi pada Rab (7/8/2024) sekitar pukul 03.00 WITA di Gili Topekong,  Karangasem.

Awalnya sekitar pukul 01.18 WITA, Kapal Elisabet ini berlayar untuk membawa bahan bakar menuju Badan Sumbawa, NTB. Setelah kurang lebih perjalanan selama 1 jam menit atau tepat 1 mil dari Pulau Tepekong Karangasem, kapal dikabarkan terbakar.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 21 orang anak buah kapal (ABK) Kapal  Tanker Elisabeth meninggal dunia.

BACA JUGA: Hadiri Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN, Menteri AHY: Semangat Lanjutkan Pembangunan

Sementara, Manajer Operasional PT. Arta Samudera Line Budi Kurniawan menyatakan Kapal Tanker Elisabeth 1 yang terbakar di perairan Pulau Gili Tepekong, Karangasem, Bali sudah dievakuasi dekat Terminal BBM Manggis, Karangasem, Bali.

Ia juga mengatakan Kapal MT Elisabeth 1 untuk mengangkut produk Bahan Bakar Minyak (BBM). Dalam kapal tersebut terdapat 21 kru dimana 16 kru selamat dengan sebagian luka ringan dan 5 orang meninggal dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan