Festival Kemerdekaan Cimahi Berikan Peluang bagi Promosi UMKM Lokal

JABAR EKSPRES – Festival Kemerdekaan yang diadakan Pemkot Cimahi telah memberikan ruang bagi para pelaku UMKM lokal Cimahi untuk mempromosikan produk mereka lebih luas.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang merayakan HUT RI ke-79, tetapi juga mendorong peningkatan wawasan masyarakat mengenai produk lokal.

Salah satunya Vera (46) dari Saumi Art UMKM Kelurahan Karangmekar mengungkapkan rasa senangnya dapat terlibat dalam festival tersebut.

BACA JUGA: SINGKAT Contoh Sambutan Ketua RT Acara 17 Agustus 2024, HUT 79 RI!

“Saya dari UMKM Kelurahan Karangmekar sangat senang terlibat di setiap kegiatan Pemkot ini. Dengan adanya festival seperti ini, kami bisa lebih mempromosikan produk-produk hasil buatan kami,” ujarnya pada Jabar Ekspress, Sabtu (10/8)

Vera, yang telah tujuh tahun beroperasi di industri kreatif dengan produk miniatur rumah dari kayu, merasa festival ini sangat berharga untuk mengenalkan produk lokal ke masyarakat.

“Setelah sering mengikuti festival atau kegiatan pemkot, alhamdulilah masyarakat jadi banyak yang mengenal produk kami,” kata Vera.

BACA JUGA: Tanggapi Soal PP 28 tentang Penyediaan Alat Kontrasepsi untuk Pelajar, Pengamat Pendidikan UPI Sebut Perlu Ada Revisi

Sementara itu, Sandoval Vanja, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) yang tengah melakukan PKL, turut menilai positif kegiatan ini.

“Kita disini lagi PKL, dan melihat situasi di sini sangat apresiasi pada pemerintah. Soalnya, para pelaku UMKM bisa mempromosikan produk mereka,” kata Vanja.

Dia bersama teman-temannya memasarkan miniatur pesawat terbang dalam festival tersebut. Vanja berharap agar UMKM lokal terus dilibatkan dalam acara-acara serupa.

BACA JUGA: Tanpa Deposit, Aplikasi Go Share Penghasil Uang Apakah Benar Aman dan Menguntungkan Anggotanya?

“Harapannya sih setiap ada festival seperti ini bisa terus melibatkan UMKM lokal, karena dengan kegiatan seperti ini pelaku usaha dapat lebih meluaskan pemasaran,” tambahnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Dinasdagkoperin) Cimahi, Hella Haerani, menjelaskan festival ini merupakan bagian dari upaya memeriahkan HUT RI dan memperkenalkan UMKM serta program One Product One RW (OPOR).

“Kegiatan ini tiada lain untuk memeriahkan HUT RI ke-79 dengan melibatkan UMKM dan pemuda di Kota Cimahi. Dan juga agar lebih dipromosikan hasil karya mereka,” kata Hella.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan