Bangunan Tiga Lantai di Kabupaten Bandung Mendadak Ambruk, Ini Penyebabnya!

JABARESKPRES – Sebuah bangunan rumah berlantai tiga yang berada di Jalan Sampora, Kampung Cilisung, Desa Sukamenank, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung tiba-tiba ambruk rata dengan tanah.

Rumah lantai 3 itu, rata dengan tanah dan detik-detik robohnya itu sempat diabadikan warga dan viral di media sosial.

Kabid Penyelamatan Dinas Damkar Kabupaten Bandung Supriadi mengatakan, peristiwa robohnya rumah terjadi pada pukul 16.00 WIB yang sempat ditonton oleh banyak warga.

Beruntung kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Sebab, sebelum ambruk penghuni rumah sudah keluar menyelematkan diri.

“Jadi posisi rumah tiga tingkat itu roboh, penghuni sebelumnnya sudah keluar,” kata Supriadi ketika dihubungi Jabarekspres, Selasa (6/08/2024).

Menurut Supriadi, penyebab robohnya rumah tiga lantai tersebut masih dalam pendalaman. Namun kuat dugaan konstruksi bangunan tidak kuat menahan beban.

Meski begitu, akibat robohnya rumah tersebut, material bangunan menutupi akses jalan warga. Sehingga harus segera dibersihkan.

“Kita sudah meluncurkan personal rescue unit Disdamkar Kabupaten Bandung dan sekarang mengevakuasi dari reruntuhan rumah tersebut,’’ujarnya.

Untuk melakukan pembersihan material bangunan pihaknya mengerahkan alat berat dengan meminjam ekavator milik Dinas PUPR Kabupaten Bandung.

Rumah tiga lantai tersebut roboh tepat berada di tengha-tengah pemukiman padat penduduk. Beruntung ketika ambruk rumah tersebut tidak menimpa rumah yang berada disampingnya.

“Proses pembersihan material bangunan dibantu warga dan harapnya jalan bisa diakses kembali,’’ ujarnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang didapatkan dari konsultan konstruksi mengungkapkan, penyebab bangunan bisa mendadak roboh disebabkan oleh beberapa faktor:

Ketahanan Pondasi Bangunan

Pondasi bangunan menjadi masalah krusial untuk sebuah bangunan. Pondasi harus dibuat sesuai dengan perencanaan strutur bangunan yang disesuaikan dengan kondisi tanah.

Pembuatan pondasi bangunan yang kokoh ini membutuhkan biaya tidak sedikit. Terlebih rumah yang akan dibangun bertingkat. Sehingga alokasi anggaranpun harus sesuai.

Dua faktor penting dalam membuat pondasi bangunan adalah kekuatan tanah dan perencanaan beban bangunan itu sendiri.

Bahan Bangunan Tidak Berkualitas.

Menggunakan bahan bangunan yang tidak memiliki standar akan menjadi resiko serius bangunan tersebut bisa roboh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan