Tingkatkan Keamanan Lingkungan, Pemkot Cimahi Tambah 615 Titik Penerangan Jalan

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana menambah penerangan jalan di 615 titik di seluruh wilayah kota.

Dengan menyiapkan anggaran sekitar Rp9 miliar, penambahan ini mencakup penerangan jalan gang (PJG), penerangan jalan lingkungan (PJL), dan penerangan jalan umum (PJU) dekoratif yang akan tersebar di 15 kelurahan.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan dan PJU Dishub Kota Cimahi, Iwan Ridwan, menjelaskan dari total 615 titik penerangan jalan yang akan dibangun, terdapat 444 titik untuk PJG, 75 titik untuk PJL, dan 96 titik untuk PJU dekoratif.

BACA JUGA: Kurikulum Nasional Hapuskan Peminatan IPA, IPS dan Bahasa, SMA Bina Muda Mulai Terapkan Moving Class

Adapun lokasi pembangunan PJG akan mencakup semua kelurahan di Kota Cimahi, sedangkan PJL akan dipasang di 11 kelurahan seperti Pasirkaliki, Cibabat, Citeureup, dan lainnya. Sementara itu, PJU dekoratif akan dipasang di beberapa jalan utama seperti Jalan Gedung Empat, Jalan Gandawijaya, dan lainnya.

“Pembangunan ratusan penerangan jalan ini rencananya bakal dimulai pertengahan Agustus untuk PJL dan PJG, sedangkan PJU dekoratif akan dilakukan pada bulan September 2024,” kata Iwan Ridwan saat dihubungi melalui seluler pada Selasa (6/8).

Ia juga menekankan pentingnya koordinasi dengan aparat kewilayahan dan masyarakat dalam pelaksanaan proyek ini.

BACA JUGA: Ciptakan Perputaran Ekonomi Rp10,42 triliun, BRI Kembali Jadi Sponsor Utama Liga 1 2024-2025

“Untuk PJL dan PJG, waktu pelaksanaan sudah melibatkan masyarakat dan aparat setempat, terkecuali PJU dekoratif yang berbarengan dengan pelaksanaannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Iwan menyebut, pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga, terutama pada malam hari.

“Pada intinya, penerangan jalan dapat meningkatkan keamanan lingkungan,” tuturnya.

“Semoga dengan adanya program pembangunan penerangan jalan ini, masyarakat dapat bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas PJU demi kepentingan bersama,” pungkas Iwan. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan