Viral! Apa Sih Moon Face? Benarkah Kondisi yang Bikin Wajah Jadi Bulat?

JABAR EKSPRES – Moon face atau wajah seperti bulan jadi istilah yang kerap muncul di media sosial akhir-akhir ini. Lantas, apa itu moon face? Moon face adalah kondisi yang terjadi saat wajah membengkak di salah satu atau kedua sisi wajah. Akibatnya, wajah tampak bulat dan bengkak, mirip bulan purnama penuh.

Melansir Cleveland Clinic, moon face bisa disebabkan oleh penumpukan lemak di sisi tengkorak wajah. Makanya, wajah menjadi lebih bulat bahkan, telinga di sisi wajah bisa jadi tidak terlihat. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan sebutan moon facies.

Mengonsumsi obat-obatan steroid seperti prednison dalam jangka waktu yang lama bisa jadi penyebab seseorang mengalami moon face. Namun, moon face juga bisa jadi tanda kondisi kesehatan lainnya, seperti sindrom Cushing atau hipotiroidisme. Meski begitu, moon face sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja, kondisi ini bisa mengubah penampilan dan memengaruhi rasa percaya diri, yang tentunya bisa berakibat buruk pada kesehatan mental.

Penyebab utama moon face adalah pelepasan hormon kortisol yang tinggi. Ada beberapa kondisi yang bisa jadi pemicu Anda mengalami moon face:

1. Tumor

Tumor bisa meningkatkan pelepasan hormon ACTH yang mendorong kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol. Tumor paru-paru, pankreas, atau timus juga bisa jadi penyebab moon face.

2. Penggunaan Steroid

Penggunaan steroid dalam jangka panjang seperti prednison untuk kondisi seperti arthritis reumatoid atau kondisi autoimun lainnya juga bisa memicu moon face.

Moon face memang bukan kondisi yang berbahaya, namun bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Jadi, penting untuk mengenali penyebab dan gejalanya agar bisa ditangani dengan tepat. Jika kamu atau orang terdekat mengalami kondisi ini, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Moon face mungkin terdengar menyeramkan, tapi dengan penanganan yang tepat, kamu bisa mengurangi dampaknya dan kembali percaya diri. Jadi, jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika diperlukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan