Ingin Berat Badan Turun? Coba Tidur Berkualitas!

JABAR EKSPRES – Mencari cara untuk menurunkan berat badan tanpa harus berkeringat di gym? Jawabannya mudah, cukup tidur berkualitas! Yuk, simak tips untuk mendapatkan tidur yang maksimal.

Tidur adalah kebutuhan dasar manusia yang seringkali diabaikan. Saat tidur, tubuh yang telah bekerja keras seharian bisa beristirahat dan memulihkan diri. Tidur yang cukup dan berkualitas ternyata juga bisa membantu proses penurunan berat badan secara signifikan.

Penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine menunjukkan bahwa orang yang memperpanjang durasi tidurnya mengalami penurunan asupan kalori sekitar 270 kkal setiap hari. Dengan tidur lebih banyak, energi yang dibutuhkan untuk membakar kalori akan terkumpul lebih banyak, dan laju metabolisme tubuh juga akan meningkat.

Ketika tidur, tubuh membakar kalori tanpa ada asupan makanan yang masuk. Inilah salah satu alasan mengapa tidur dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, di zaman sekarang, tidak sedikit orang yang sulit mendapatkan tidur berkualitas. Untuk itu, penting untuk mengikuti beberapa tips berikut agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

1. Menjauh dari Handphone

Menjauh dari HP, salah satu tips mendapatkan tidur berkualitas. (iStockphoto/Kateryna Kukota)
Berselancar di media sosial sebelum tidur memang menggoda, tapi cahaya biru dari layar ponsel bisa mengganggu kualitas tidur. Sebaiknya jauhkan semua barang elektronik, terutama handphone, sebelum tidur untuk memastikan tidur Anda tidak terganggu.

2. Jangan Makan Besar Sebelum Tidur

Makan besar sebelum tidur bisa meningkatkan asam lambung dan kadar gula darah. Jika merasa lapar di malam hari, pilihlah camilan sehat untuk mencegah rasa lapar tanpa mengganggu tidur Anda.

3. Jangan Olahraga Sebelum Tidur

Olahraga memang penting untuk kesehatan dan penurunan berat badan, tapi lakukan pada waktu yang tepat. Hindari berolahraga mendekati waktu tidur karena bisa membuat tubuh tetap aktif dan sulit tidur.

4. Meditasi

Meditasi bisa membantu Anda merasa lebih tenang dan nyaman. Penelitian dalam jurnal JAMA Internal Medicine menemukan bahwa meditasi dapat meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi orang dewasa yang memiliki masalah tidur.

5. Pastikan Ruangan Nyaman

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan