Tanggapi Laporan Warganya Viral di Medsos, Camat Cimahi Selatan Minta Gerak Cepat Pendataan Penduduk

JABAR EKSPRES, CIMAHI – Baru-baru ini seorang pedagang celana keliling bernama Asep Irawan viral di sosial media, diketahui merupakan seorang warga Kelurahan Cibeber, Cimahi Selatan.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, pihak Kecamatan Cimahi Selatan kemudian gerak cepat untuk untuk memberikan bantuan pada Asep Irawan.

“Sebelumnya, kami mendapatkan informasi dari Kementerian Sosial bahwa ada warga Kelurahan Cibeber yang tidak mampu. Dengan adanya laporan tersebut, kami dari pihak kecamatan dan kelurahan langsung mendatangi rumah Asep,” kata Camat Cimahi Selatan, Cepi Rustiawan saat dikonfirmasi melalui elepon seluler, Rabu (27/7/2024).

Kemudian, Cepi juga mengimbau pada seluruh ketua RT dan RW diwilayahnya untuk lebih teliti dalam mendata administrasi kependudukan, agar kasus serupa tidak terulang.

BACA JUGA:Benarkan Ali Syakieb Bekas Kadernya, Ono Surono Tak Masalah dan Pastikan Tidak Beri Dukungan

“Saya menghimbau kepada ketua RT RW untuk lebih apik dalam mendata administrasi kependudukan, jangan sampai tidak tahu malah yang tahu orang lain,” tegasnya.

Selain itu, Cepi juga menekankan pentingnya melapor bagi warga yang berpindah tempat tinggal atau yang mengontrak, maupun yang berpindah tempat tinggal.

Sementara itu, Cepi menuturkan dalam menangani kasus yang terjadi pada Asep Irawan, langkah pertama yang dilakukan pihaknya adalah memverifikasi data kependudukan Asep.

Setelah verifikasi, lanjut Cepi, ditemukan bahwa pekerjaan Asep di KTP masih tercatat sebagai wiraswasta.

BACA JUGA:Kesulitan Mendata, Bantuan untuk Asep Irawan Tertunda Akibat Sering Pindah Tanpa Lapor

“Kami langsung merubahnya menjadi buruh harian lepas agar bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah Kota Cimahi,” tambah Cepi.

Selain itu, Cepi juga menjelaskan, upaya yang dilakukan terkait anak Asep yang putus sekolah untuk segera didaftarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Terkait anaknya yang putus sekolah, saat ini sudah kami usulkan supaya mendapat KIS dan KIP,” jelasnya.

Sehingga, menurut Cepi, berkat aksi gerak cepat yang dilakukan pihak Kecamatan Cimahi Selatan, saat ini keluarga Asep Irawan telah mendapatkan bantuan yang diperlukan.

BACA JUGA:Siap Maju di Pilkada, Dikdik S Nugrahawan Mundur dari Jabatan Sekretaris Daerah Kota Cimahi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan