5 Kegiatan Pagi yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Otak, Biar Gak Gampang Pikun

JABAR EKSPRES – Mengawali hari dengan kebiasaan sehat bukan hanya memberi energi, tetapi juga berkontribusi besar terhadap kesehatan otak.

Mengadopsi kebiasaan positif di pagi hari bisa menjadi langkah efektif dalam mencegah penurunan kognitif, seperti pikun, dan memperbaiki konsentrasi serta kejernihan berpikir.

Baca juga : Mengungkap Manfaat Daun Insulin untuk Mengatasi Diabetes, Terbukti Ampuh?

Berikut adalah lima kebiasaan pagi hari yang terbukti bermanfaat untuk otak, seperti yang dilansir dari Livestrong:

1. Latihan Kardio Selama 30 Menit

Melakukan latihan kardio secara rutin, bahkan hanya selama 30 menit setiap pagi, memiliki dampak signifikan pada kesehatan otak.

Menurut tinjauan April 2022 di AIMS Neuroscience, aktivitas kardiovaskular berperan penting dalam meningkatkan fungsi eksekutif, rentang perhatian, serta kemampuan pemrosesan informasi, pembelajaran, dan pembentukan memori.

“Latihan kardio meningkatkan aliran darah ke otak, yang penting untuk mencegah dan mungkin memperbaiki kerusakan otak,” jelas Reid Kehoe, ahli saraf di Northwestern Medicine.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang setiap minggu, seperti jalan cepat atau bersepeda lima hari seminggu.

Pilihan olahraga berat seperti berlari atau berenang selama 75 menit juga bermanfaat. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga baru, terutama jika memiliki riwayat kesehatan tertentu.

2. Menikmati Secangkir Kopi

Minum kopi di pagi hari tidak hanya meningkatkan energi tetapi juga mempengaruhi fungsi otak.

Sebuah ulasan pada Mei 2021 di Cureus menunjukkan bahwa kafein dapat mempercepat pemrosesan informasi dan meningkatkan daya ingat.

Selain itu, ulasan Desember 2016 di Practical Neurology mengindikasikan bahwa kopi dalam jumlah moderat dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, suasana hati, dan kesejahteraan umum.

“Kopi juga dipercaya dapat mengurangi risiko demensia,” tambah Kehoe.

3. Mengikuti Diet MIND

Diet MIND, yang merupakan kombinasi dari diet Mediterania dan diet DASH, memiliki manfaat besar bagi kesehatan otak.

Sebuah studi September 2015 di jurnal Alzheimer’s and Dementia menunjukkan bahwa diet MIND dapat mengurangi risiko demensia.

Diet ini menekankan konsumsi makanan nabati sambil membatasi asupan daging merah, lemak jenuh, dan gula.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan