Ono Surono Dorong Kekayaan Budaya Sunda Jadi Sumber Daya Lokal

BANDUNG – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengapresiasi anugerah kehormatan adat Sunda, Sinatria Pinayungan dari masyarakat Sunda kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Yasonna dianggap telah berjasa melindungi keberadaan masyarakat adat Sunda di Jawa Barat.

Menurut Ono dengan penganugrahan yang diberikan Barisan Olot Masyarakat Adat Jawa Barat, Yasonna sudah resmi menjadi warga Sunda dan Jawa Barat.

“Ya Alhamdulillah olot-olot ( Tetua Adat) di Jabar telah berikan penganugerahan kepada pak Menteri, Sinatria Pinayungan. Berarti beliau sudah resmi menjadi warga Sunda dan Jabar,” ucap Ono yang hadir dalam acara penganugrahan adat Sunda kepada Yasonna Laoly di Alam Santosa Ekowisata dan Budaya, Pasir Impun Kabupaten Bandung, Selasa (23/7).

Ono mengungkapkan kinerja Menteri Yasonna sudaj cukup baik lantaran telah memberikan 35 sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) kepada 10 kabupaten/kota Jawa Barat dan Indikasi Geografis (IG).

Dikatakannya, hal itu merupakan bentuk pelindungan terhadap kekayaan intelektual termasuk produk lokal asli daerah Jawa Barat.

Ia pun berharap, pemerintah provinsi maupun kabupaten/ kota yang telah mendapat sertifikat KIK maupun IG dapat terus mengembqangkan kekayaan intelektual tersebut menjadi produk unggulan Jawa Barat.

Ono juga memastikan, PDI Perjuangan Jawa Barat bakal terus mendorong sertifikasi KIK maupun IG bagi adat budaya maupun potensi Jawa Barat.

Ia menjelaskan, Jawa Barat sangat kaya dengan ragam adat dan budaya, mulai dari tatar Sunda Priangan, Indramayu, Cirebon, Pakuan, Galuh dan lainnya. Ragam adat budaya Jawa Barat itu mulai dari seni, kuliner, musik, dan lain sebagainya.

“Kita harus mendorong, wajib mendorong bahwa kekayaan ini harus  dilestarikan, harus  dilindungi, harus dikembangkan, menjadi sumber daya lokal yang juga dari sisi ekonomi pun kita bergerak,” tandasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan