16 Cara Terbebas Dari Anxiety pada Penderita Asam lambung

JABAR EKSPRES – Menderita asam lambung sudah cukup menyiksa saat kambuh, apalagi ditambah dengan gangguan anxiety, maka akan membuat kondisi penyintasnya semakin parah.
Anxiety atau gangguan kecemasan bisa menyerang siapa saja yang sering merasa khawatir, bukan hanya penderita asam lambung, bahkan orang tanpa penyakitpun juga bisa mengalami gangguan anxiety jika membiarkan dirinya selalu cemas akan sesuatu hal yang belum terjadi,

Khusus bagi penderita asam lambung yang juga sering mengalami gangguan kecemasan, maka ada beberapa cara atau langkah untuk menghilangkan anxietynya terlebih dahulu sebelum meminta bantuan tenaga profesional.

Baca juga : Jangan Dibiarkan! Ini Tanda Awal Anxiety

Berikut 16 cara atau tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anxiety atau kecemasan berlebihan secara mandiri bagi penderita sakit asam lambung, yaitu:

1. Jangan mudah stress dan selalu kelola pikiran atau mengatur pikiran kita kearah yang baik.

2. Selalu berpikir yang positif (positive thinking), jangan pernah berpikir negatif (negative thinking).

3. Jangan biasakan menebak-nebak atau mengada-ada tentang sensasi yang muncul dikaitkan dengan sakit ini dan sakit itu.

4. Jangan pernah merasa takut, panik atau cemas saat anxiety kambuh. Kecemasan itu malah akan membuat asam lambung naik, muncul sensasi yang akan menambah kalut pikirannya, dengan kata lain rasa takut, panik atau cemas ini akan membuat sensasi bertambah parah atau semakin menjadi-jadi.

5. Acuhkan saja, cuek bebek, anggap anxiety itu suatu kewajaran. Anggap dia sebagai teman kita yang kita bisa ajak bercanda, kehadiran nya jangan dibuat serius.

6. Anxiety itu harus dilawan, jangan biarkan dia menguasai otak atau pikiran kita. Apa yang kita takutkan justru harus di counter attack atau disambangi, ini akan memperkuat mental sehingga anxiety akan hilang sendirinya.

7. Jangan ikuti perasaan resah, gelisah, murung, sedih, marah, su’uzon, iri, dengki, fitnah, hasut dsbnya karena akan mempengaruhi dan menggerogoti ketenangan jiwa dan semangat hidup kita, akhirnya melemahkan daya imun tubuh kita dan turun secara drastis.

8. Memperbanyak silaturahmi ke sanak famili, sahabat, teman, tetangga, dalam arti luas selalu berinteraksi dengan masyarakat, misalnya ikut panitia acara 17 Agustusan dsb nya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan