4 Pesawat Modifikasi Cuaca Dikerahkan untuk Kelancaran Pembangunan Bandara IKN

JABAR EKSPRES – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan sebanyak empat pesawat dikerahkan untuk melakukan modifikasi cuaca untuk kelancaran Pembangunan bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

‘’Sekarang ini kami sudah mengerahkan empat pesawat (teknologi modifikasi cuaca) untuk pengkondisian udara, tetapi masih juga juga,’’ kata Budi di sela Kick Off Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2024 di Jakarta, Minggu (21/7) dikutip dari ANTARA, Senin (22/7).

Budi mengatakan bahwa tentangan terbesar Pembangunan Bandara VVIP IKN yang diberi nama Nusantara Airport adalah hujan yang terjadi secara terus menerus di wilayah Kalimantan Timur.

BACA JUGA: Bansos PKH Kapan Cair di Bulan Juli 2024? Cek Jadwal Pencairan & Daftar Penerima DISINI

Ia juga mencontohkan, pada bulan Juni lalu, dalam 30 hari, waktu yang digunakan untuk Pembangunan Bandar very very important person (VVIP) IKN hanya 8 hari karena hanya di hari tersebut yang cerah.

Maka dari itu, pihaknya bersinergi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiksika (BMKG) melakukan upaya modifikasi cuaca untuk mendukung Pembangunan bandara tersebut.

‘’Tapi memang harus diakui bahwa hari-hari di sana (Kalimatan Timur) itu hujan terus, bulan lalu (Juni) itu satu bulan, ada delapan hari saja yang bisa beroperasi (pengerjaan Pembangunan Bandara VVIP IKN),’’ terang Budi.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan 4 Hal Ini, Agar Tubuh Tetap Enerjik Melakukan Aktivitas Seharian

Meskipun begitu,  Budi juga menegashkan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan percepatan Pembangunan Bandara VVIP IKN.

Budi juga mengaku bahwa pihaknya telah diundang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan pada Kamis (25/7) dengan agenda menyampaikan laporan terkait progres Pembangunan Bandara VVIP IKN.

‘’Nanti hari Kamis, kami akan diundang rapat oleh Bapak Presiden (Joko Widodo). Tentu kami berusaha sesuai dengan rencana untuk 17 Agustus,’’ kata Budi.

BACA JUGA: Treatment Istimewa dari MS GLOW Aesthetic Clinic Bandung untuk Puluhan Ribu Pelari

Bandara VVIP IKN ditargetkan bisa beroperasi pada 1 Agustus 2024 untuk mendukung pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan