Ini Bahayanya Sodium Dehydroacetate, Zat yang Disebut Ada Dalam Roti AOKA

JABAR EKSPRES – Heboh kabar Roti AOKA mengandung zat berbahaya bernama Sodium Dehydroacetate, hingga membuat masyarakat yang biasa mengonsumsinya menjadi cemas.

Meski pihak produsen dari PT Indonesia Bakery Family sudah menyanggahnya, namun belum ada keterangan resmi dari BPOM mengenai hasil pemeriksaan apakah zat berbahaya tersebut benar terkandung dalam roti AOKA atau tidak.

Lalu apa sebenarnya bahayanya jika zat Sodium Dehydroacetate sampai dikonsumsi oleh manusia.

Baca juga :Ini Zat Berbahaya yang Disebut Ada di Roti AOKA, Apakah yang di Bandung Aman?

Mengingat ada juga negara yang mengijinkan zat yang biasanya ada dalam kosmetik tersebut bisa digunakan dalam produk makanan dalam kadar tertentu dan makanan tertentu saja.

Dilansir dari website atamanchemicals, hasil riset mengenai zat Sodium Dehidroasetat menyebutkan, Sodium Dehydroacetate merupakan bahan pengawet yang biasa digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi karena memiliki sifat antimikroba.

Sodium Dehydroacetate dianggap sebagai bahan pengawet dan antimikroba yang efektif bahkan pada konsentrasi yang sangat rendah, yang menghambat pertumbuhan mikroba bakteri dan jamur.

Sodium dehidroasetat adalah bubuk putih. Biasa digunakan sebagai fungisida, plasticizer, pasta gigi, juga ada negara yang menggunakannya sebagai pengawet makanan.

Bahan pembantu yang membantu agar produk tetap bagus lebih lama, zat ini efektif untuk melawan jamur dnamun memiliki efek yang lebih ringan terhadap bakteri.

Baca juga : Benarkah Roti AOKA Mengandung Zat Berbahaya?, Produsen Buka Suara

Lalu apa bahayanya jika zat ini sampai dikonsumsi oleh manusia? dilansir dari berbaai sumber, jika hanya dalam kadar kecil, produk ini tidak akan menunjukkan efeknya, namun jika dikonsumsi berlebihan dan terlalu sering maka bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan.

Berikut beberapa efek samping penggunaan Sodium Dehydroacetate:

1. Iritasi Kulit dan Mata

Kontak langsung dengan Sodium Dehydroacetate dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Ini bisa terjadi pada pekerja yang sering menangani bahan ini tanpa pelindung yang memadai.

2. Gangguan Pencernaan

Konsumsi Sodium Dehydroacetate dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, dan diare.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan