Tips Menjaga Kesehatan Punggung yang Jarang Dilakukan Orang

JABAR EKSPRES – Sakit punggung bisa dialami oleh siapa saja, tidak hanya orang usia lanjut, bahkan kini sakit punggung bisa menyerang usia produktif, karenanya kesehatan punggung kini perlu mendapat perhatian juga.

Hal ini karena pola hidup dan kebiasaan yang tidak sehat, jarang berolah raga, pola makan tidak sehat, pola tidur tidak terartur, semuanya bisa berpengaruh pada kesehatan punggung seseorang.

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit yang bisa membuat penderitanya memiliki postur tubuh bungkuk ini?

Baca juga :  8 Olahraga yang Dapat Membantu Memperkuat Otot Punggung!

Berikut 11 tips untuk menjaga kesehatan tulang belakang agar terhindar dari penyakit punggung.

1. Olahraga Teratur

Orang yang berolahraga secara rutin cenderung memiliki tubuh yang fit sehingga dapat mengurangi nyeri punggung dan stres.

Olahraga teratur juga dapat membantu menjaga stabilitas tulang punggung, mengurangi ketegangan otot serta memperkuat otot punggung.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih—terutama pada bagian tengah tubuh—akan menggeser titik tumpu tubuh Anda sehingga memberikan tekanan berlebih pada punggung bawah.

Oleh karena itu, menjaga berat badan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tulang belakang.

3. Atur Posisi Duduk

Cara menjaga kesehatan tulang punggung yang berikutnya adalah mengatur posisi duduk. Meski terkesan sepele, hal ini tidak bisa begitu saja Anda abaikan, lho.

Agar tulang belakang Anda tetap kuat menopang beban tubut perhatikan beberapa hal berikut:

Hindari posisi duduk membungkuk. Pilihlah kursi dengan sandaran tegak. Usahakan agar seluruh telapak kaki menapak pada permukaan, bila perlu gunakan pijakan kaki agar ketinggian lutut sejajar atau sedikit lebih tinggi dari pinggul.

Baca juga :  8 Bahaya Postur Punggung Yang Bongkok Bagi Kesehatan Tubuh!

4. Perhatikan Postur Tubuh Saat Berdiri

Tidak hanya dalam posisi duduk, posisi saat berdiri pun harus Anda perhatikan. Cara menjaga kesehatan tulang belakang bisa dilakukan dengan tetap mempertahankan lengkung normal tubuh Anda.

Posisikan kepala Anda dengan tegap, bahu ditarik ke belakang, dan perut tertarik ke dalam. Posisi berdiri yang benar adalah ketika Anda bisa menarik garis lurus dari telinga, bahu, pinggul dan pergelangan kaki Anda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan