Paradigma Sepak Bola Indonesia: Lakoni Pramusim di Piala Presiden, Persib Harus Hati-Hati

JABAR EKSPRES – Persib Bandung bakal melakoni laga perdana pramusim kontra PSM Makassar, di gelaran Piala Presiden 2024. Jadi partai pembuka, derby klasik tersebut bakal dihelat pada jumat (17/7), di Stadion Si Jalak Harupat Bandung.

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak menyambut positif terkait perhelatan Piala Presiden 2024. Menurutnya, hal ini bagus guna persiapan tim dalam menghadapi liga yang akan datang.

“Kami akan memanfaatkan Piala Presiden untuk persiapan. Karena kami butuh pertandingan. Jadi Piala Presiden bisa menjadi ajang persiapan untuk liga,” kata Bojan

Terlebih diakui Bojan, hingga kini, terdapat dua pos dalam starting eleven yang hingga saat ini belum dirinya putuskan. Maka dari itu, ajang pramusim bakal digunakan guna penentuan komposisi sebelas utama yang diperuntukan bagi liga nanti.

“Ini akan memberi jawaban pada saya, siapa pemain terbaik yang akan menjadi starter,” ungkapnya.

Namun, Persib sejatinya harus hati-hati dalam pertandingan pramusim kali ini. Terlebih, Maung Bandung merupakan kampiun Liga musim 2023/2024.

Hal ini guna menyokong liga yang akan bergulir dengan kualitas pemain yang tersedia. Jangan sampai nama seperti Ciro Alves kembali absen akibat cedera yang diderita kontra Persebaya pada Piala Presiden 2022.

Terlebih, paradigma pramusim sepak bola di Indonesia berbeda. Piala Presiden kerap dilabeli trofi prestisius sehingga para tim kerap menampilkan para pemain berkualitasnya. Tak jarang superstar ditiap klub malah absen di liga sebenarnya.

Hal tersebut tentunya imbas dari pemikiran bahwa kemenangan menjadi harga mati yang harus di dapat. Tak aneh apabila permainan keras menjurus kasar kerap tersaji pada kejuaraan pramusim di Indonesia.

Maka dari itu, langkah PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) sudah tepat dengan tidak membebani para punggawa Pangeran Biru dalam perburuan juara. Hal ini tentunya baik guna kesiapan mental pemain menjelang Liga 1 2024/2025.(Dam)

Writer: Sadam Husen

Tinggalkan Balasan