Muncul Lagi Pencatutan Nama Pejabat KBB, Kali Ini Kadis Kominfotik

JABAR EKSPRES  – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap sejumlah modus penipuan yang mencatut nama pejabat Pemkab Bandung Barat.

Sebelumnya beredar nomor WhastsApp yang mengatasnamakan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat, Eriska Hendrayana. Nomor tersebut menghubungi salah satu pengguna WhatsApp dan terindikasi meminta uang.

Terbaru, akun instagram muncul dengan nama Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bandung Barat. Akun dengan jumlah pengikut empat orang tersebut dipastikan bukan milik Kadiskominfotik KBB (Yoppie Indrawan).

BACA JUGA: Spanduk Tokoh Politik Mulai Bertebaran Jelang Pilkada 2024, Bawaslu: Kewenangan di Satpol PP Bandung!

Faktanya, baik nomor serta akun instagram yang beresar di publik tersebut bukan milik pejabat Bandung Barat.

“Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap segala bentuk modus penipuan yang mengatasnamakan pejabat Bandung Barat. Apalagi akun instagram bukan resmi Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ujar Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik KBB, Efhi saat dikonfirmasi, Rabu (17/7/2024).

Efhi mengatakan, akun yang mengatasnamakan Kadis Kominfo Bandung Barat tersebut diketahui oleh salah seorang dari keluarga Yoppie Indrawan.

“Saat dikonfirmasi ke pa kadis, akun instagram dengan nama Kadis Kominfo KBB bukan miliknya (Yoppie Indrawan),” katanya.

Ia menambahkan, usai menemukan akun tersebut pihaknya memastikan bahwa akun instagram Kadis Kominfo KBB tersebut merupakan akun palsu.

“Berdasarkan hasil penulusuran akun atas nama Kadis Kominfo KBB adalah akun palsu,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, akun instagram resmi milik Diskominfotik KBB yakni @diskominfotik_kbb dan @kbbsaberhoaks. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya jika ada akun selain nama tersebut.

“Kalau ada nama akun yang mirip maupun di luar @diskominfotik_kbb untuk melaporkan kepada kami untuk mengantisipasi upaya penyalahgunaan akun instagram palsu,” katanya.

Sementara itu, Kadiskominfotik KBB, Yoppie Indrawan menegaskan, bahwa dirinya sejak menjabat sebagai kepala dinas belum pernah membuat akun tersebut.

“Yang pasti itu bukan akun saya karena saya belum pernah membuat akun instagram dengan nama Kadis Kominfo KBB,” tegasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan