11 Siswa SMA/SMK Berlaga Pada Kompetisi Wirausaha Tingkat Global di Tokyo

JABARESKPRES – 11 SMA/SMK dari berbagai Indonesia mengikuti PJI Company of the Year Competition 2024 ( PJI COY ) sebagai wirausaha muda yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang.

Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia Pribadi Setiyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan acara puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI).

‘’Program ini didukung penuh oleh Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks Indonesia, dan AIG Indonesia,’’ ujar Pribadi dalam keterangan rilisnya, Selasa, (16/07/2024).

Menurutnya, program ini merupakan ajang yang sangat bergengsi. Sebab membuka pintu gerbang para generasi muda untuk memiliki jiwa wirausaha.

Untuk membekali para siswa SMA/SMK memiliki jiwa wirausaha, sebelumnnya telah diberikan berbagai pengetahuan dan keterampilan melalui studen company.

Para siswa juga diberikan motivasi dan pendampingan untuk didorong membentuk tim dan menciptakan ide dan gagasan dalam berwirausaha.

‘’Yang tak kalah pentingnnya adalah mereka dilatih untuk memiliki strategi serta mengoperasikan bisnis di sekolah,’’ujarnya.

Pribadi mengatakan, dari hasil pembinaan yang dilakukan ratusan sekolah SMA/SMK itu, para siswa melakukan kompetisi ditingkat nasional pada Agustus 2023 lalu.

Pada program sebelumnya telah diberikan  edukasi terhadap 1.336 siswa di 15 kota di Indonesia.

‘’Program ini telah melahirkan 55 bisnis yang telah berhasil menghasilkan pendapatan bisnis hingga Rp 545 juta,’’ ujar Pribadi.

Menurutnya, Student Company dan PJI COY tahun ini menitik beratkan pada keseimbangan antara profitabilitas, keberlanjutan, dan optimasi teknologi pada bisnis.

Siswa didorong untuk menggali kreativitas dan inovasi tanpa batas dalam menciptakan peluang ekonomi baru tapi mengedepankan etika dan kontribusi sosial ekonomi.

‘’Dengan fokus ini, kami berharap bisnis yang mereka rintis dapat memberikan manfaat untuk masyarakat serta unggul di kancah internasional,”ujar Pribadi.

Wakil Presiden Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich Indonesia) Heriyanto A. Putra mengatakan,

Sejalan dengan tujuan Zurich untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah, potensi generasi muda Indonesia dalam menghadirkan usaha kecil sangat luar biasa.

Melalui Zurich Entrepreneurship Program, pihaknya akan memperluas kesuksesan program edukasi ini dengan melibatkan lebih banyak siswa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan