Pj Bupati Yudia Akan Duduk Bersama Bupati Indramayu Bahas Wisata Bendungan Cipanas

Ditandai Pemutaran Miniatur Keran Air oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli dan Bupati Indramayu Nina Agustina Bendungan Cipanas diresmikan penggunaaanya, Selasa (9/7/2024).

Bendungan Cipanas berada di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang dan di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu merupakan proyek strategis nasional.

Bendungan Cipanas merupakan Bendungan Multiguna Dibangun dari tahun 2016 ini mempunyai daya tampung air 250 juta meter kubik dan luas genangan 1.315 hektare dan memiliki tinggi 71,7 meter dengan menghabiskan biaya Rp 2 triliun.

Baca juga : Penjabat Bupati Yudia Ramli Terima Anugerah Merdeka Belajar Untuk Kabupaten Sumedang

“Tadi saya bersama-sama mendampingi Pak Wakil Presiden untuk meresmikan Bendungan Cipanas. Bendungan ini sangat bermanfaat untuk dua daerah Sumedang dan Indramayu,” kata Pj Bupati Yudia.

Yudia menyebutkan, pesan Wakil Presiden Ma’ruf Amin keberadaan Bendungan Cipanas ini bisa membawa banyak kemanfaatan.

“Selain bisa pengairan sawah untuk para petani juga bisa dioptimalkan untuk pariwisata dan untuk kawasan ekonomi. Ujungjaya ini nanti menjadi kawasan industri Air Baku nya nanti dari sini,” ujar Yudia.

Menurutnya, Bendungan Cipanas menghasilkan air baku 850 liter/detik.

“Selain airnya untuk memenuhi kebutuhan air baku juga memiliki mamfaat pengendali banjir di lahan seluas 701 hektare yang tersebar di Kecamatan Losarang dan Kecamatan Cantigi Indramayu serta Pembangkit Listrik,” katanya.

Disebutkan Yudia, ia akan duduk bersama dengan Bupati Indramayu untuk mengembangkan Bendungan Cipanas yang berada di dua kabupaten menjadi kawasan wisata.

“Bu Bupati Indramayu mengajak duduk bersama untuk menjadikan kawasan wisata disini. Apa saja yang bisa dikembangkan bersama BBWS. Harapan kita masyarakat Sumedang dengan adanya Bendungan Cipanas ini bisa menjadi swasembada pangan kita bisa terpenuhi,” kata Yudia.

baca juga :  Hadiri Musrenbangnas 2024 di Jakarta, Pj Bupati Sumedang Sebut Jadi Tonggak Terwujudnya Indonesia Emas 2045 

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengungkapkan Bendungan Cipanas menghadirkan kebermanfaatan bagi masyarakat Sumedang dan Indramayu bahkan Majalengka.
“Bendungan Cipanas memang multifungsi yang mana harapan dan tujuannya adalah membawa manfaat bagi masyarakat di wilayah Sumedang, Indramayu dan Majalengka,” ujar Bey Machmudin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan