Polres Banjar Tanam Pohon Secara Serentak di Hari Bhayangkara ke-78

JABAR EKSPRES – Polres Banjar bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar serta instansi terkait menggelar penanaman pohon serentak dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 di dusun Karangsari RT 11 RW 03 Desa Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Kamis (27/6/2024). Kegiatan tersebut juga berbarengan dengan bansos pemberian air bersih.

Kapolres Banjar AKBP Danny Yulianto mengatakan, jenis pohon yang ditanam di antaranya pohon jati, durian, petai, jambu air, dan pohon keras lainnya.

“Penanaman pohon ini dilakukan di sekitar area sumur bor, karena harapan kami, dengan menanam pohon selain memeberikan kesejukan, ini dapat membantu mencadangkan air apabila kekeringan yang nantinya pohon-pohon ini akan berkontribusi terhadap setok air bersih untuk sumur bor tersebut,” kata AKBP Danny Yulianto.

Ia berharap, masyarakat sekitar dapat menjaga keberlangsungan pohon-pohon yang sudah ditanam hari ini sebagai penghijauan dan juga sumber air bersih.

BACA JUGA:Satpol PP Tertibkan Puluhan Baliho Tak Berizin di Kawasan Ruang Terbuka Hijau Kota Banjar

“Selain sebagai sumber resapan air, juga untuk mengantisipasi bencana longsor,” katanya.

Ia menjelaskan, penanaman pohon secara serentak ini dicanangkan oleh Kapolri dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78.

“Harapannya dengan program penanaman pohon ini perubahan iklim yang selama ini dikhawatirkan di Indonesia ini bisa kita cegah dengan sama-sama kita turut menjaga melalui penanaman pohon,” katanya.

Sementara itu Ketua RW 03 Desa Batulawang, Uju Marjuki, mengucapkan terima kasih atas kegiatan penanaman pohon tersebut.

“Semoga dari tanaman tersebut mendapatkan manfaat dari hasil buahnya dan pencandangan airnya untuk sumur bor tersebut,” katanya. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan